Kohanudnas Tujuan KK II Penyusunan Rentinkon Pasis Seskoau A-57

  • Whatsapp

JAWA BARAT—Sebanyak 39 Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Angkatan Ke-57 TP. 2020 dibawah pimpinan Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M. Tr (Han)., dan beberapa pejabat serta Dosen Seskoau, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja II/Penyusunan Rencana Tindakan Kontinjensi (Rentinkon) ke Markas Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Selasa (23/06/2020).

Setibanya di Kohanudnas, rombongan diterima langsung di gedung Leo Wattimena oleh Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Marsda TNI M. Khairil Lubis beserta para pejabat dan Staf. Mengawali kegiatan di Kohanudnas, Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han). Dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan Kuliah Kerja II/Penyusunan Rentinkon adalah agar Perwira Siswa memahami, mengerti dan mampu menyusun dokumen rencana strategis tindakan menghadapi kontinjensi melalui praktek lapangan, khususnya yang dilaksanakan di Kohanudnas, sebagai salah satu Kotama TNI.

Read More



Oleh karena itu, kurikulum pendidikan Seskoau memprogramkan kegiatan Kuliah Kerja II Penyusunan Rencana Tindakan Kontinjensi (Rentinkon) sebagai bagian dari proses pembelajaran yang diterapkan di Seskoau serta agar para Perwira Siswa memiliki kemampuan mengantisipasi, memprediksi, membahas, menganalisis dan merumuskannya dalam suatu dokumen strategis terhadap suatu ancaman dan kondisi darurat yang mungkin akan terjadi yang dapat mengganggu aspek-aspek pertahanan Negara.

Tema yang diangkat pada Kuliah Kerja II ini yaitu ”Perwira Siswa Seskoau Angkatan ke-57 TP 2020 Melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja II/Penyusunan Rentinkon Dalam Rangka Meningkatkan Pemahaman tentang menghadapi Kontinjensi dibidang Pertahanan dan keamanan”.

Harapan Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal , S.I.P., M.Tr (Han)., para Perwira Siswa memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai pembuatan Rentinkon sebagai salah satu produk staf Kotama Operasi TNI, sehingga diharapkan akan mencapai tiga sasaran KK II menyangkut, aspek akademis, aspek operasional dan aspek latihan.

Sementara Pangkohanudnas Marsekal Muda TNI M. Khairil Lubis dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan Komandan Seskoau beserta rombongan serta mengharapkan kepada seluruh pasis untuk secara jeli mencermati Lingkungan Strategis (Lingstra) supaya dalam pembuatan Rentinkon Kohanudnas tidak meleset serta menjadikan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi. Tegasnya.

Acara yang rencananya dilaksanakan selama tiga hari (23-25 Juni) ini turut dihadiri Kaskohanudnas Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., beserta para pejabat Kohanudnas. Sementara Danseskoau didampingi Kadepops Seskoau Kolonel Nav Ari Sutopo beserta pejabat Seskoau. Selain di Kohanudnas, para Perwira Siswa lainnya juga melaksanakan kegiatan KK II/Penyusunan Rentikon di Koopsau I Jakarta, Koopsau II Makassar dan Koopsau III Biak.

Related posts