Langkah Preventif, Pasis Sesau A-15 Disuntik Vaksin Influenza

  • Whatsapp

Jawa Barat – Sebagai salah satu langkah preventif melindungi diri dari penyebaran penyakit flu, Perwira Siswa (Pasis) Sesau Angkatan Ke-15 menerima suntikan vaksin influenza di Gedung Widya Mandala II, Seskoau, Lembang. Kamis (25/2/2020).

Menurut Kakes Seskoau Mayor Kes drg. Lisye, Sp.Ort., kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh. “Vaksin ini dapat merangsang tubuh untuk membentuk antibodi terhadap virus influenza, karena saat ini sudah memasuki musim hujan dan suhu di wilayah Lembang cukup dingin yang berpotensi memudahkan terserang virus tersebut,” ujarnya.

Langkah ini merupakan sebuah upaya pencegahan, katanya, namun bukan berarti terbebas dari virus tersebut sehingga disarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan teratur, olahragan secara rutin, serta berpikir positif agar dapat meningkatkan imun.

Vaksin Influenza sendiri dapat diberikan kepada orang yang sehat diatas 12 tahun, dan tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki alergi telur, protein ayam, atau komponen vaksin. Penundaan pemberian vaksin akan dilakukan jika sedang mengalami demam, kejang ataupun infeksi akut. “Puji Tuhan, sejauh ini pelaksanan vaksinasi influenza berjalan lancar dan tidak ada masalah setelah pelaksanaan,” ujarnya.

Selain itu, Kakes Seskoau juga menekankan agar tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Ini perlu sekali disampaikan mengingat saat ini masih pandemi Covid-19,” jelasnya.

  • Whatsapp

Related posts