Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim : Message From The Cockpit

  • Whatsapp

Jawa Barat – “Message From The Cockpit” demikian tema yang diangkat Marsekal TNI (Purn) TNI Chappy Hakim saat memberikan pembekalan mengenai Airmanship dan Kepemimpinan kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 secara daring yang turut diikuti Dirdik Seskoau Kolonel Pnb Tahyodi, S.A.P., beserta para pejabat, dosen, dan patun di Seskoau, Lembang. Rabu (04/11/2020).

Mengawali ceramahnya, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim mengatakan bahwa Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 harus memiliki visi misi dalam melaksanakan tugas disetiap tahapan penugasan serta perlu adanya langkah pasti guna menyelesaikannya. Ini penting disampaikan, mengingat perjalanan karier dan kedinasan Pasis masih sangat panjang serta berliku dengan tantangan yang harus dihadapi, tentunya didasari sikap disiplin sebagai pedoman bertindak.

Disiplin menjadi salah satu prinsip kepemimpinan di mana didalamnya terdapat tiga dimensi kepemimpinan yaitu etika, moral, dan tanggung jawab. “Pimpinlah dirimu sendiri sebelum memimpin orang lain dan orang lain akan mengikuti apa yang telah kamu lakukan,” ujarnya seraya menegaskan seorang pemimpin adalah panutan, contoh, dan teladan bagi anggotanya.

Seandainya digambarkan sebuah pesawat, maka untuk terbang dibutuhkan komponen-kompenan untuk mendukung pesawat untuk terbang. “Tidak ada komponen yang lebih penting dari komponen lainnya yang tentunya didukung perkembangan teknologi dengan standart operating procedures,” jelasnya. Disinilah perlunya seorang pemimpin yang mampu beradaptasi secara cepat dengan perubahan dan fleksibel mempelajarinya, sehingga mampu menentukan atau memberikan keputusan ketika dihadapkan suatu permasalahan.

Dalam mengambil keputusan, lanjutnya, seorang pemimpin harus belajar dan memulai dari diri sendiri, meneliti dan memeriksa akar permasalahan, kemudian dianalisa atau diamati secara detail permasalahan tersebut ke dalam bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lainnya dan selanjutnya ambil keputusan.

“Tetap optimis dan jangan pernah ada keraguan sedikitpun bagi para Pasis sekalian yang merupakan pilihan untuk dibekali di lembaga pendidikan Seskoau untuk menjadi seorang pemimpin,” harapan Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 seraya mengingatkan bahwa nanti ketika berakhirnya pendidikan di Seskoau bukan berarti berakhir tugas dan tujuan Pasis, melainkan awal perjalanan sesungguhnya untuk mendharmabaktikan diri melalui TNI Angkatan Udara.

“Tetap pegang teguh kredibilitas, etika, moral, dan tanggung jawab seorang Perwira untuk mengemban tugas kedepannya,” tegasnya.

Related posts