Menuju Seskoau Sebagai Center Of Excellence On Air And Space Science

  • Whatsapp

Lembang – “Menuju Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) sebagai center of excellence on air and spece science Tahun 2029,” tegas Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat memberikan jam komandan kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dan Sesau Angkatan Ke-15 TP 2021 di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang. Kamis (14/01/2021).

Menurut Danseskoau diperlukan sebuah perubahan di bidang pendidikan TNI Angkatan Udara, khususnya Seskoau untuk mempersiapkan calon pemimpin TNI Angkatan Udara masa depan yang memiliki keunggulan dan mampu beradaptasi dalam menghadapi perubahan geopolitik, geostrategi, dan perkembangan teknologi. Dikatakan demikian karena saat ini sedang menghadapi capability gab yang tidak hanya mengenai alutsista, tetapi juga dalam mencapai dan mempertahankan kemampuan intelektual prajurit.

“Pendidikan menjadi kunci dalam membangun kapasitas SDM TNI Angkatan Udara yang unggul,” jelasnya yang merupakan tantangan bagi pendidikan TNI Angkatan Udara dengan metode baru dalam sistem pendidikannya. Strategi yang dilakukan Seskoau yaitu validasi organisasi, program pascasarjana, dan smart campus. Menurutnya, transformasi pendidikan Seskoau sesuai dengan program pemerintah menuju Indonesia Maju dengan menciptakan SDM Unggul yang selaras dengan keinginan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., untuk mewujudkan Angkatan Udara yang disegani di Kawasan. “Hal ini, tentunya mengedepankan literasi sesuai arahan Kasau dan terus beradaptasi paradigma pendidikan,” ujarnya.

Untuk itu, bagi Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 yang merupakan angkatan pertama harus segera menyesuaikan diri dengan lingkungan Seskoau dan nantinya menjadi parameter keberhasilan program studi Magister Terapan Strategi Operasi Udara. Demikian juga dengan Pasis Sesau Angkatan Ke-15, diprioritaskan untuk mendapatkan kesempatan mengikuti program pascasarjana di Universitas Pertahanan. “Nantinya kualitas lulusan akan setara,” ujar Danseskoau.

Setelah pelaksanaan jam komandan, dilanjutkan pembukaan orientasi pengenalan lembaga yang secara simbolis penyematan tanda pita kepada perwakilan Pasis. Kegiatan ini bertujuan agar Pasis dapat segera beradaptasi dengan lingkungan Seskoau, mengetahui lingkungan sekitar, mengenal lebih dekat para pejabat dan staf Seskoau guna mendukung kelancaran proses belajar mengajar kedepannya. Selain itu, juga menumbuhkan jiwa korsa, soliditas, dan solidaritas di antara Pasis juga menjalin silaturahmi dengan Dosen dan Perwira Penuntun.

  • Whatsapp

Related posts