Bersabarlah, Semua akan Indah pada Waktunya

  • Whatsapp

Ramadan Daring – Kata sabar, mungkin mudah saja diucapkan lisan. Namun dalam prakteknya, tidak semudah mengucapkannya. Sabar, menuntut kesungguhan jiwa pemiliknya. Selain itu, sabar juga merupakan salah satu di antara beberapa rahasia datangnya pertolongan Allah.

Dalam putaran roda waktu, banyak hal yang telah terjadi. Satu, dua, tiga dan bahkan banyak kisah yang telah berlalu, terkadang sakit menyayat hati, sulit untuk kita terima. Di sana ada kenangan yang menyakitkan. Di sana ada pula pilu yang melelahkan. Entahlah, terkadang hampir semua rasa sakit, hanya tertuju untuk jiwa yang lemah seperti kita. Meremukkan tulang-tulang. Menghancurkan semangat.

Read More





“Biarkanlah hari-hari berbuat sesukanya. Dan lapangkanlah dada jika takdir sudah menentukan. Dan janganlah berputus asa karena suatu keburukan. Sebab suatu keburukan di dunia ini tidaklah kekal” (Imam Syafi’i R.A).

Seringkali manusia terburu-buru ketika menginginkan sesuatu. Tak jarang kesabarannya hilang ketika sesuatu yang dinanti atau yang diharap-harapkan tak kunjung datang. Al-Qur’an menyebutkan sifat manusia yang suka tergesa-gesa ini dalam firman-Nya: “Dan memang manusia bersifat tergesa-gesa.( QS.Al-Isra’:11)
Kita tidak jarang mendengar kalimat “semua akan indah pada waktunya”. bila direnungkan, kalimat ini bukan hanya sekedar kalimat motivasi biasa yang dapat meluluhkan hati dan jiwa seseorang yang sedang galau, Tapi kalimat ini benar-benar menggambarkan kenyataan yang sebenarnya.

Terkadang kita sangat menginginkan sesuatu dan sangat berharap apa yang kita inginkan itu akan segera terwujud. Namun pernahkah terlintas dipikiran kita bahwa sesuatu yang kita inginkan itu bila datang di waktu yang “tidak tepat” akan membuat semuanya berantakan dan bahkan tidak baik untuk kita? Yakinlah selalu bahwa doa dan harapan akan terwujud pada waktunya. Pada waktu yang paling pas dan paling tepat!

Bersabarlah untuk menanti buah hingga matang, karena rasa manisnya akan muncul pada waktunya. Bila engkau tergesa-gesa maka engkau hanya akan merasakan asam darinya. Bersabarlah untuk menanti janin di dalam rahim ibunda hingga tiba waktunya, karena bayi akan sempurna pada waktunya. Bersabarlah untuk semua yang kau inginkan, karena sesuatu itu akan menjadi manis, indah dan sempurna bila tiba pada waktu yang tepat.

Jangan pernah berputus asa dalam berdoa, teruslah mengemis, memohon dan meminta kepada Allah jala-jalaluh, karena tidak ada orang yang akan kecewa karena banyak berdoa. “Dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku.” (QS. Maryam:4).

Jangan pernah takut dengan hari esok, karena ALLAH yang AKAN menyelesaikan berbagai macam kesulitanmu dengan CARANYA di esok hari. Dia-lah Allah yang Maha kasih sayang kepada hamba-Nya tak tertandingi oleh siapapun. “Dan bertawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah yang menjadi pelindung.” (QS. An-Nisa’:81)
Bersabar memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Namun, tak ada pilihan lain dalam menjalani kehidupan ini bagi seorang muslim sejati, kecuali berusaha sekuat tenaga untuk bersabar atas setiap ujian yang diberikan Allah kepadanya.“Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”(QS.Ghafir:44).

Bila hati merasa lelah dan ingin menyerah, coba lihat kebelakang, ingat-ingat kembali seberapa jauh kita sudah berjalan dengan segala proses yang sudah kita lalui, coba tengok lagi, masa-masa dimana lelah, terpuruk tapi tetap berusaha semangat, tertatih-tatih dan jatuh tetapi tetap berusaha bangkit..

Coba ingat lagi berbagai ketakutan yang berhasil kita taklukkan, berbagai pekerjaan sulit yang akhirnya berhasil kita selesaikan, berbagai kesalahan yang akhirnya kita perbaiki dan banyak pelajaran yang kita dapatkan. Semua yang telah kita lalui menjadikan kita yang disini dan kita saat ini.

Hadapi hari-harimu dengan penuh keyakinan bahwa pasti Allah akan memberikan yang terbaik di waktu yang terbaik pula. Buang semua kegelisahan dan hiduplah dengan penuh optimis, tatap masa depan dengan penuh percaya diri dan yakin, Allah tidak akan merubah nasib kita kecuali kita yang memulainya dan katakan dengan lantang pada diri, Bersabarlah, semua akan indah pada waktunya. ALLAHUL MUSTA’AN

Penulis; Darliana, S.Ag, M.Ag, (Kepala SMPN 2 Mesjid Raya, AGPAI Aceh)

Related posts