Corona ketika Ramadan

  • Whatsapp

Oleh : Abu Teuming

RAMADAN DARING—–Ramadan sudah bersama muslim, memenuhi ketentuan Allah dalam rotasi benda-benda langit.

Kehadiran Ramadan bukan musibah, yang mengekang kegiatan manusia seperti terbatasnya penjualan makanan, atau memberatkan manusia lantaran kelaparan sehingga sulit bekerja mencari nafkah.

Sebaliknya, Ramadan itu rahmat. Dinamakan rahmat sebab memiliki banyak keutamaan dan kelebihan. Keutamaan ini bukan tidak dipahami oleh muslim, malah mereka mengetahui detail. Hanya saja spirit beramal sangat rendah, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Kini, seluruh dunia sedang dilanda musibah berupa wabah Covid-19, yang membuat hampir seluruh aktifitas terhenti. Bahkan ritual agama dibatasi, adanya anjuran menjaga batas dan waktu di masjid, dengan pertimbangan pemutusan mata rantai virua corona.

Walaupun minim ruang ibadah di luar rumah, manfaatkan situasi corana untuk muhasabah diri. Meskipun di rumah saja, cobalah untuk menunaikan amalan-amalan sunat, yang memiliki nilai istimewa pada bulan ini.

Ada banyak amalan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadan, bukan hanya di masjid atau meunasah, tetapi juga di rumah bersama keluarga. Seperti zikir dan baca Quran, yang pada intinya mewujudkan ketakwaan pada diri muslim dan keluarga. Sebab sudah maklum bahwa puasa Ramadan sebagai upaya untuk menciptakan orang-orang bertakwa.

*Abu Teuming

Related posts