Disdik Aceh Barat Gelar Lomba Rapai Saman

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH BARAT—Salah satu upaya peningkatan kreatifitas ekstrakurukuler Muatan Lokal, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat melalui seksi Kurikulum dan Pengembangan Siswa Bidang Dikdas, menggelar lomba rapai saman.

Lomba tersebut dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional pada Sabtu (1/12) di halaman kantor Dinas Pendidikan Aceh Barat.

Read More





Kadisdik Aceh Barat, Bismi SPd saat membuka acara, mengharapkan agar ekstrakurikuler Muatan Lokal dapat ditingkatkan di setiap satuan pendidikan. “Banyak kegiatan Ekstrakurikuler Muatan Lokal yang dapat dikembangkan, tahun depan selain Rapai Saman juga Seudati, ini penting mengingat Seudati semakin jarang dimainkan apalagi di tingkat sekolah,” harap Kadisdik.

Ketua panitia pelaksana yang juga Kabid Dikdas Husensah MPd kepada media menjelaskan, program ini diikuti oleh siswa jenjang SMP.

“Kegiatan ini untuk melestarikan budaya lokal dan memotivasi lahirnya generasi baru dalam bidang seni rapai khususnya syahi yang semakin sulit ditemukan di era perkembangan teknologi yang semakin pesat,” ujarnya.

Acara ini ditutup dengan pengumuman pemenang lomba oleh perwakilan tim juri Muhammad Nasir, SPd. Peringkat pertama diraih oleh Group SMPN 3 Meulaboh, disusul terbaik kedua SMPN 5 Meulaboh dan SMPN 2 Pante Ceureumen di urutan ketiga.

Penulis : Muhammad Nasir

Related posts