Cegah Stunting, Ketua PKK Aceh Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati, mengajak seluruh masyarakat Aceh agar dapat membudayakan gemar mengkonsumsi ikan. Karena ikan merupakan sumber protein hewani yang bagus untuk mendukung perbaikan gizi dalam penanganan stunting bagi anak di Aceh.

Hal itu disampaikan Dyah saat meninjau pasar Rumah Ikan Higienis yang merupakan pusat display produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Aceh yang berlokasi di Lamdingin, Banda Aceh, Rabu (23/6/2021).

Bacaan Lainnya

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Turut mendampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Aliman, Ketua Dharma Wanita Persatuan DKP Aceh Cut Badria Laili, Pembina Mutu Hasil Pengolahan Perikanan Cut Sri Haswirna dan seluruh jajaran Pokja PAUD dan PKK Aceh. “Dalam upaya mencegah stunting, masyarakat harus merubah pola konsumsi mereka, yaitu dengan membudayakan gemar makan ikan, bukan hanya sekedar kenyang tapi perhatikan gizi dan proteinnya,” kata Dyah.

Karenanya, kata Dyah, untuk mewujudkan semua itu, dibutuhkan kerjasama lintas sektor serta seluruh pihak untuk menangani kasus stunting di Aceh. Yaitu dengan melakukan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya mengkonsumsi ikan bagi pertumbuhan anak. “Tentunya ini melibatkan instansi pemerintahan baik DKP, Dinas Sosial dan bahkan pihak sekolah pun harus ikut giat mengedukasi gemar makan ikan ini, mulai dari PAUD, TK, dan terpenting adalah SMA,” katanya.

Wanita yang juga Ketua Dekranasda Aceh itu menambahkan, program makan ikan tersebut harus diedukasi sedari dini mungkin pada anak-anak usia pelajar, selain mencerdaskan, tapi juga menjadi bekal bagi mereka sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan. Dengan begitu, gemar makan ikan ini akan semakin membudaya dan menjadi gaya hidup masyarakat.

Dyah berharap, melalui program gemar makan ikan, masyarakat khususnya orang tua dan anak-anak di Aceh semakin mengerti akan pentingnya mengkonsumsi ikan, sebab ikan kaya akan protein yang sangat baik dan dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. “Dengan makan ikan anak menjadi pintar. Melalui merekalah nantinya yang akan mengubah nasib keluarga dan bahkan bangsa melalui intelegensi yang mereka miliki,” pungkas Dyah.

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391

Pos terkait