Dispersip Sosialisasikan SIKN dan JIKN

  • Whatsapp

Banda Aceh – Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kearsipan berbasis teknologi informasi dan komunikasi kepada masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banda Aceh melaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN).

Kegiatan yang diikuti oleh utusan OPD dari DLHK3, Disdikbud, Dinas Pariwisata juga Bagian Organisasi, Bagian Pemerintahan dan Bagian Keuangan tersebut dilaksanakan di ruang Rapat Kepala Dispersip, Rabu (30/6/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala Dispersip Banda Aceh, Alimsyah, S.Pd, MS mengatakan bahwa JIKN merupakan mesin pencari arsip yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Dalam JIKN, masyarakat dapat mencari informasi kearsipan yang sebelumnya telah dihimpun dan dikelola oleh simpul jaringan dalam SIKN. Arsip yang dapat diakses oleh masyarakat di JIKN, adalah arsip-arsip yang sifatnya terbuka bagi publik.

“Kami Lembaga kearsipan daerah yang memiliki tugas membina dan mengawasi kearsipan bertanggung jawab untuk mengundang OPD dalam mensosialisasikan SIKN dan JIKN ini,” kata Alimsyah.

Untuk itu karena ASN dipercaya pemerintah untuk mengelola anggaran-anggaran di pemerintah, jadi arsip ini wajib dilaksanakan terutama arsip dinamis, semoga ini bisa diberdayakan kedepannya.

“Dengan hadirnya SIKN dan JIKN bahwa semua kearsipan kita baik dinamis maupun statis perlu peran masyarakat untuk mau melihat, mengetahui dan memantaunya. Dan OPD kita punya hak untuk memberi pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kasi Sistem Informasi Kearsipan Dispersip Aceh, Rahmania sebagai narasumber dalam sosialisasi ini mengatakan bahwa

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391

Pos terkait