Dyah Peringati Hari Lansia Nasional di Aceh Singkil

  • Whatsapp
  • Dok. HPA..Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, memperingati Hari Lansia Nasional ke 24 tahun 2020, di Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (29/5/2020).

Aceh Singkil – Wakil Ketua PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, memperingati Hari Lansia Nasional ke 24 tahun 2020, di Kabupaten Aceh Singkil, Jumat 29/05. Dalam momentum itu, Dyah mengingatkan para lansia terkait bahaya covid-19 dan meminta mereka untuk menjaga kualitas hidup sehingga bebas dari virus.

“Banyak dari orang-orang tua kita yang mengidap penyakit sampingan dan itu membuat imunitas kita lemah. Dalam kondisi wabah seperti ini, kita harus menjaga diri dan keluarga, jangan sampai orang tua terkena virus covid-19,” kata Dyah dalam pertemuan dengan puluhan orang lanjut usia (lansia) di Aceh Singkil.

Read More



Dalam rangka Hari Lansia Nasional, Dyah memberikan bantuan sosial bagi para lansia di Aceh Singkil. “Nilainya memang tak seberapa. Tapi ini pertanda negara hadir untuk bapak-ibu semua.”

Dyah bersama petugas kesehatan Kabupaten Aceh Singkil kemudian juga menfasilitasi pemeriksaan gratis bagi para lansia. Kepada mereka, Dyah berpesan untuk rutin memeriksakan diri jika mengalami keluhan baik di puskesmas maupun di posyandu lansia yang tersedia di gampong-gampong.

Selain itu, Dyah tak lupa berpesan agar para lansia tersebut mempraktikkan gaya hidup bersih dan sehat. Salah satu caranya adalah rutin mencuci tangan dengan sabun. Hal itu pun perlu diingatkan kepada anak-anak kecil dalam keluarga meraka. Di mana rutinitas mencuci tangan, mengganti baju dan mandi sebelum beraktivitas bersama keluarga.

“Pulang bermain juga ingatkan cucu kita untuk cuci tangan,” kata Dyah.

Hal tersebut, kata Dyah perlu diterapkan untuk memulai aktifitas kehidupan dalam fase new normal, di tengah pandemi covid-19. Masa kenormalan baru bukanlah berarti pandemi berakhir. Namun masyarakat boleh kembali beraktifitas seperti biasa namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu penting demi mencegah penularan covid-19.

Sementara itu, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, berterimakasih atas kunjungan Dyah ke Aceh Singkil. “Dalam suasana covid ibu menyempatkan diri bersilaturrahmi dan juga membawa bingkisan buat lansia. Terima kasih kami,” kata dia.

Dulmusrid bersyukur, meski berdekatan dengan Sumatra Utara yang masuk sebagai zona merah penyebaran covid, sampai saat ini tidak ditemukan kasus di Aceh Singkil. Karena itu ia berharap masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“Kalau bepergian selalu pakai masker daan cuci tangan saat pulang ke rumah,” kata Dulmusrid. Ia meminta masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah, sehingga terhindar dari penularan virus covid-19.

Bakti Sosial di Kecamatan Singkohor

Dyah bersama Tim Penggerak PKK Aceh Singkil kemudian juga melakukan bakti sosial di Kecamatan Singkohor. Di sana, Dyah juga menyalurkan bantuan pada para lansia

Wakil Ketua TP PKK Aceh, menyerahkan bingkisan kepada para lansia, pada peringatan Hari Lansia Nasional ke 24 tahun 2020, di Kota Subulussalam, Jumat (29/5/2020).
Dalam kunjungan tersebut Dyah mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran yaitu melaporkan tetangga-tetangga yang pulang dari kawasan zona merah ke perangkat gampong.

“Kita tinggal di daerah perbatasan (Sumatera Utara). Perlu kesadaran tinggi untuk saling menjaga, laporkan jika ada tetangga yang baru pulang daerah terjangkit,” kata Dyah.

Menuju ke Kecamatan Singkohor harus melewati perkebunan sawit. Jarak dari pusat perekonomian di Rimo berkisar satu jam perjalanan darat dengan kendaraan bermotor. Dalam kunjungan ke Singkohor, Dyah mendapati banyak pekerja perkebunan sawit yang belum menggunakan masker.

“Pak camat, tolong ingatkan para pekerja kebun. Pakai masker itu bukan untuk gaya-gayaan, tapi untuk kesehatan kita bersama,” kata Dyah. []

Related posts