K3S UPT Samalanga dan Gugus I UPT Simpang Mamplam Kunjungi SDN 3 Ulim dan SDN 2 Meurah Dua Pidie Jaya

  • Whatsapp

Pidie Jaya – Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Samalanga Tgk. Marzuki Abdullab M. Pd juga dihari oleh Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Simpang Mamplam Bapak Abdullah bersama kepala sekolah dan para guru di dua kecamatan tersebut melakukan kegiatan Sikula Sawe Sikula (S3) ke Sekolah Dasar 3 Ulim Pidie Jaya bertujuan untuk mengadopsi keunggulan yang ada pada sekolah sasaran untuk dapat diterapkan disekolah masing-masing dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten bireuen khususnya di samalanga dan simpang mamplam

Dalam sambutannya Kepala Uptd Pendidikan Samalanga menyampaikan bahwa program ini dilaksanakan dilatar belakangi oleh terjadi perubahan dalam masyarakat maka pendidkan juga akan mengalami perubahan begitu juga sebakiknya jika lembaga pendidikan mengalami perubahan, maka hasil perubahan tersebut mempengaruhi perubahan masyarakat.

Hampir semua masyarakat berkeinginan agar kuatilitas pendidikan anaknya itu baik dimana budaya yang terjadi sekarang ini bahwa pemilihan lembaga pendidikan yang berkualitas sebagai tumpuan harapan pendidikan anaknya setelah tamat SD, seperti mengatarkan putra putrinya ke sekolah pavorit atau dayah terpadu yang dianggap bermutu dan berkualitas.

Seleksi yang ketat yang dilakukan oleh lembaga tadi juga menjadi cambuk bagi kita dalam melakukan innovasi, sebagai sokolah persiapan dalam mewujudkan generasi yang berkualitas.

Disamping itu juga, seiring dengan inovasi dan penyempurnaan kurikulum oleh pemerintah (K13) juga penerapan Assesment Kompetensi Minimal (AKM) yang diterapkan di KLS IV, juga mempengaruhui perkembangan pendidikan sehingga perlu adanya innovasi yang harus terjadi dalam sistem pendidikan kita.

Berdasarkan hal demikian maka kami mengadakan program Sikula Sawe Sikula (S3) yang pada tahap awalnya adalah bertujuan untuk mengadopsi keunggulan yang ada pada sekolah sasaran untuk dapat diterapkan disekolah masing-masing dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten bireuen khususnya di samalanga.

Hasil dari kunjungan ini, barang kali agar diterapkan di sekolah masing masing baik dari sisi, Pembinaan Personalia, Peningkatan mutu guru, sistem kenaikan pangkat, model pembelajaran, Penggunaan waktu, Sistem Cawu atau semester, pemeberian waktu kpd siswa, strategi dan peran guru dan lain lain

Bapak kepala Sekolah SD 3 Ulim Bapak MUKHLIS M. Pd dalam sambutannya disamping rasa terharu yang luar biasa atas kunjungan tim siswa sawe sikula samalanga dan simpang mamplam, beliau menyampaikan bahwa iklim kepemimpinan yang dibangun disekolah tersebut, semua personil sekolah adalah raja, dimana semua guru juga kpl sekolah termasuk juga penjaga sekolah punyak hak memberikan pendapat, juga boleh untuk tidak mengidahkan perintah kepala sekolah jika tidak sesuai dengan tujuan pendidikan dan keputusan yang ditetapkan bersama.

Lebih lanjud beliau memaparkan bahwa khusus hari sabtu silakukan kegiatan pencarian bakat siswa oleh semua guru, dimana dalam kegiatan tersebut guru mengarahkan siswa untuk mempertajamkan kempuan siswa sesuai dengan bakatnya masing masing.

Sambutannya juga disampaikan oleh bapak pengawas pendidikan Sekolah Dasar Kecamatan Ulim, bapak Syamsul Junaidi, S. Pd, bahwa kegiatan bukan hanya dilakukan sekali saja akan tetapi secara berkepanjangan juga sesekali perlu juga SD 3 Ulim melakukan kunjungannya ke Bireuen. Dalam hal pengawasan bpk pengawas SD Ulim mengarahkan para Kepala Sekolah untuk melakukan sepervisi akademik ke sekolah lain dalam kabupaten pijay sehingga dengan sendiri nya semua kepala sekolah telah melakukan severfisi akademik terhadap semua guru dalam kabipaten pijai. Hasilnya adanya peningkatan terhadap pelayanan dan mutu pendidikan di pidie jaya.

Bapak Kasi Pembinaan SD Pijay bapak Zulwanis, S. Pd, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa terkait dengan penggunaan dana bos, semua kepala sekolah harus melakukan presentasi RKS didepan Pengawas dan kepala dinas pendidikan pijay. Kepala sekolah diangkat berdasarkan Uji kompetensi kepala sekolah, bagi yang tidak lulus ujian tersebut tidak diangkat menjadi kepala sekolah.

  • Whatsapp

Related posts