WWF Tetapkan Banda Aceh sebagai Finalis Most Loveble Cities

  • Whatsapp

Wali Kota Mohon Dukungan Masyarakat Aceh dan Indonesia melalui Vote di link https://welovecities.org/IN/banda-aceh/

Banda Aceh- Kota Banda Aceh terpilih menjadi salah satu finalis dalam kampanye “We Love Cities” yang digelar World Wildlife Fund (WWF).

Read More





Kampanye global di media sosial ini bertujuan mengangkat beragam solusi dalam mewujudkan kota berkelanjutan dan memobilisasi dukungan publik untuk inisiatif-inisiatif tersebut.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan setelah Banda Aceh mengisi form platform internasional perubahan iklim pada program one planet city challenge (OPCC) oleh ICLEI-WWF pada pertengahan Tahun 2019 di Jakarta.

Dalam program ini, seluruh kota peserta diminta menampilkan keunggulannya masing-masing dalam upaya mengatasi perubahan iklim yang dapat mencakup berbagai sektor, seperti energi, transportasi, limbah, bangunan hingga pangan.

“Alhamdulillah data yg diisi dinilai sangat lengkap oleh reviewer WWF international, dan Banda Aceh menjadi 3 terbaik dari 18 kota/kabupaten di Indonesia yang terpilih, memenuhi standar WWF dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia yang mengikuti program ini,” ungkap Aminullah.

Fenomenalnya, Banda Aceh kali ini berhasil mengalahkan Kota Bogor yang biasanya tiga periode berturut-turut sebelumnya masuk dalam 3 kota terbaik.

Pada tahun 2020 ini, 3 kota terbaik di Indonesia yang diumumkan Juni lalu oleh WWF international. Jakarta, Balikpapan dan Banda Aceh terpilih sebagai 3 besar dalam program ini.

“Dan tiga kota tersebut berhak mengikuti ajang kampanye international “We Love Cities”.

Hebatnya lagi, Kota Banda Aceh termasuk dalam 58 kota yang diperlombakan dari 225 kota/kabupaten seluruh dunia. Program ini diikuti oleh 27 Negara.

Kata Aminullah, kali ini, kampanye “We Love Cities” bersifat online karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda dan waktu kampanye dibatasi mulai 14 September 2020 hingga 11 Oktober 2020.

“Tentunya ini menjadi sebuah prestasi bagi Banda Aceh di mata international dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan yang tanggap perubahan iklim, konsisten menurunkan gas emisi rumah kaca, serta tangguh dalam bencana,” ujarnya.

Lanjutnya, warga Banda Aceh patut bersyukur dan berbangga karena terpilih sebagai 3 besar kota diseluruh Indonesia untuk program kota berkelanjutan “We Love Cities 2020”.

“Semoga Banda Aceh mendapatkan predikat “Most Lovable City” atau Kota yang paling dicintai oleh warganya,” harap wali kota.

Ia pun mengajak seluruh warga kota mendukung program ini dengan cara vote sebanyak-banyaknya dan dapat diulang setiap hari untuk mendapatkan suara terbanyak dari kota-kota lain.

“Caranya, klik link https://welovecities.org/IN/banda-aceh/ dan pilih menu “Dukung Sekarang”. Warga juga bisa menyampaikan saran, masukan, usul hingga kritikan di kolom yang disediakan,” jelas Aminullah seraya meminta tambahan hastag #welovebandaaceh.

Aminullah mengharapkan kepada masyarakat untuk menyumbangkan saran, ide dan gagasan untuk pembangunan Kota Banda Aceh, “ini sangat kami harapkan dari warga melalui Vote tersebut mulai hari ini hingga 11 Oktober 2020 nanti,” harap Aminullah.

“Terima kasih warga Banda Aceh yang mencintai kota nya sendiri sudah dinilai oleh lembaga berkaliber dunia WWF, dasarnya Banda Aceh kota religi, aman dari konflik antar umat beragama, bersih dan indah, kotanya sehat, ekonomi pun bangkit, nyaman dan berbudaya, kota layak pemuda dan juga kota layak anak dengan IPM terbaik ll indonesia, sebagai kota referensi pendidikan dan juga bagian program smart city,” pungkas Aminullah.[]

Related posts