Meraih Manfaat Shalat Dhuha

  • Whatsapp

Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dilaksanakan ketika matahari terbit naik tujuh hasta sampai waktu zuhur tiba. shalat sunnah dhuha dilaksanakan minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat. dalam bulan Ramadhan, materi ajar meliputi 3 aspek, yaitu Tahsin AL Quran, Shalat Dhuha, dan Diniyah. pemilihan materi ajar ini tentu memiliki tujuan yang baik untuk generasi bansa. selain dapat mencegah diri dari perbuatan keji dan munkar pemahaman agama dapat membentengi siswa/i dari perkembangan zaman yang sudah mulai degradasi moral.

dalam pelajaran shalat Dhuha, siswa-siswi shalat berjamaah dengan imam langsung dari siswa SMPN 2 Ingin Jaya, guna membiasakan diri menjadi imam didalam shalat dan digharapkan menjadi pemimpin dikehidupan sehari-hari.

Read More





 

 

 

Siswa/i SMPN 2 Ingin Jaya Shalat Dhuha Berjamaah

Menurut dari Alim Ulama shalat Dhuha memiliki berbagai macam manfaat, antara lain sebagai berikut.

1. Ampunan dosa

Imam at Tirmidzi dan Ibnu Majah dalam riwayatnya menjelaskan bahwa orang yang membiasakan shalat dhuha dosanya akan diampuni oleh Allah, meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan. Rasulullah bersabda: Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. Tercegah dari Sifat Lalai

Setiap orang tentu tidak ingin dianggap sebagai orang lengah ataupun lalai dalam hal mencari Rahmat Allah. Salah satu cara agar terhindar dari sifat lalai adalah mengerjakan shalat dhuha. Rasulullah SAW bersabda: Orang yang mengerjakan salat duha tidak termasuk orang lalai,” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

3. Sedekah bagi Tubuh

Menjalankan sholat dhuha juga menjadi sedekah bagi yang melaksanakannya. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw. “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at,” (HR Muslim).

4. Membuka Pintu Rezeki

Menjalankan salat dhuha rutin dapat membuka pintu rezeki dan membuat hati lapang.

Demikian beberapa manfaat yang sudah dirangkum, tentu masih banyak manfaat lain dari Shalat Dhuha, dan semoga kita senantiasa menjadi pribadi yang bertakwa dan mampu menjaga shalat Dhuha secara istiqamah. Aamiin.

Related posts