Merasakan nikmatnya “Patin” Riau

  • Whatsapp
  • Oleh : Bung Syarif Meukek

Belum sempurna rasanya jika tuan dan puan ke pekanbaru bile tak singgah ke Pondok Patin HM Yunus. Pekanbaru Kota sejuta pesona kuliner. Masakannya enak sekali. Inilah kesan punggawa dayah saat menikmati kuliner pekanbaru.

Menu serba patin merupakan ciri khas kota ini. Soal pilihan menu, punggawa sangat selektif. Jika tidak cocok dengan goyongan lidah pasti dilihat-lihat saja. Ikan patin menjadi menu utama di pondok patim HM Yunus, Riau. Marwan, Syarif, Muchlis dan Alizar menyambet patin dengan ludes, alias sapu habis.

Tambo ciek lagi ungkap bung syarif, hehe. Ini artinya menu serba patin cocok dengan goyongan lidah punggawa.

Berikut kita coba ulas mamfaat ikan patin bagi Kesehatan

Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

Hal ini berkaitan dengan kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di dalam ikan patin ini. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini bahkan mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7,43% kandungan pada daging ikan patin ini adalah asam oleat. Hal ini tentunya sangat baik untuk kamu yang mengalami berbagai masalah pada jantung dan penyakit-penyakit kardiovaskular lainnya.

Manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat bantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan lemak tak jenuh dalam patin dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Pasalnya, ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol. Dalam 100 gram ikan patin saja, hanya terdapat 21-30 gram kolesterol. Manfaat ikan patin bagi kesehatan satu ini bisa kamu dapatkan juga dari ikan lele.

Cegah Jantung Koroner

Manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai makanan pencegah jantung koroner. Hal ini menjadi salah satu manfaat ikan patin bagi kesehatan yang sangat penting.

Hal ini karena lemak tak jenuh tidak mengendap dan menghambat aliran darah di dalam pembuluh darah. Sama seperti kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya, lemak tak jenuh yang terkandung di dalam ikan patin membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung koroner.

Jaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi pada ikan patin akan membantu memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium tubuh dalam sehari. Manfaat ikan patin bagi kesehatan selanjutnya dipengaruhi kandungan fosfor dan kalsium ini.

Jika kamu mengonsumsi ikan patin berikut dengan tulangnya, kamu akan mendapatkan kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang. Apalagi, kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan bisa menghambat pertumbuhan tulang dan gigi.

Kalsium dan fosfor dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat tulang dan gigi, hingga mencegah osteoporosis.

Bantu Pembentukan Otot
Manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah dapat membantu pembentukan otot.

Kandungan protein yang tinggi pada daging ikan patin ini membuatnya sangat efektif untuk menambah massa otot, memperkuat otot, mengencangkan otot, menjaga daya tahan dan imunitas tubuh, hingga menambah kekuatan tubuh.

Pos terkait