Sirath : PRG Harus Menjadi Peng-update Data Terintegrasi

  • Whatsapp

Pemuda Aceh Besar mengatakan pendekatan layanan administrasi kependudukan dengan pembentukan PRG (Petugas Registrasi Gampong) adalah sebuah terobosan yang harus mampu menjawab persoalan data kependudukan dan nantinya harus disinergikan dengan lintas sektor yang berkepentingan lainnya.

Hal tersebut disampaikan salah seorang Pemuda Aceh Besar Sirathallah paska sosialisasi dibentuknya PRG dalam wilayah Aceh Besar di Dekranasda, 1 Maret 2021

” Ini sebuah terobosan, tetapi tidak nanti hanya sebatas untuk urusan perekaman KTP dan administrasi kependudukan saja,” ujar Sirathallah.

Tetapi lanjutnya, hadirnya Petugas Registrasi Gampong ini harus mampu mengupdate data kependudukan setiap saat hingga dapat menjadi pendata potensi gampong . ” Setiap hari hampir ada yang lahir dan meninggal dunia, petugas ini harus menjadi peng-update data yang terintegrasi, bahkan harus menjadi peng-update potensi gampong nanti ” harapnya.

Sebelumnya Kadisdukcapil Aceh Besar Rahmat Sentosa mengatakan bahwa capaian kepemilikan KTP sudah 99,03 persen dari 403.711 penduduk di Aceh Besar, sehingga sekitar 3 ribuan belum merekam.

” Fungsi PRG di 604 gampong akan memfasilitasi urusan kependudukan untuk lebih optimal,” katanya.

Ia juga mengharapkan agar masyarakat segera mengurus dokumen kependudukan yang merupakan dokumen dasar bagi warga untuk mendapat pelayanan lainnya seperti pendidikan, Kesehatan dan lain sebagainya.

  • Whatsapp

Related posts