Kegiatan Literasi di SDN Sibreh

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Tim II literasi Disdikbud Aceh Besar yang terdiri dari Anissatul Fajri SPd dan Sri Afriani SPd pada hari senin (11/2/2019) kena giliran di SDN Sibreh kecamatan Sukamakmur. Sekolah SDN Sibreh tersebut ternyata satu lokasi dengan MIN Sibreh, mungkin ini hanya terdapat di Aceh Besar.

Begitu kami menginjakkan kaki di pekarangan sekolah tersebut langsung disambut dengan senyuman hangat dari kepala sekolah, Khumaini SPd dan beberapa orang guru.

Read More





Ini merupakan hari kedua pelaksaan Gerakan Literasi setelah sebelumnya telah dilaksanakan di SDN Lampeuneurut pada Hari Sabtu, tanggal 9 Februari 2019.

Kegiatan ini berlangsung di Aula KKG SDN Sibreh, yang diikuti oleh lebih kurang 96 siswa dari kelas IV dan V, yang terdiri dari empat rombel kelas yaitu IVa, IVb, Va dan Vb, serta didampingi oleh wali kelas masing-masing.

Guru dan siswa SDN Sibreh sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat dari respon positif dari guru saat membimbing siswa dalam menulis.

Kegiatan yang dipandu oleh Sri Afriani, S.Pd dan Anissatul Fajri, S.Pd selaku Tim Literasi Aceh Besar serta didampingi oleh Rusydi, S.Ag selaku Koordinator Literasi Aceh Besar berhasil memotivasi siswa dalam menulis, sehingga para siswa ada yang langsung selesai karyanya dan ada beberapa siswa menyelesaikannya setelah diberi bimbingan dan selanjutnya didampingi oleh tim literasi sekolah setempat.

Pemahaman literasi lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis, namun literasi juga bisa kita kembangkan lebih jauh lagi, seperti keterampilan dalam menggunakan sumber-sumber ilmu pengetahuan, baik yang berdasarkan pengalaman (internal) maupun dari lingkungan ( eksternal).
Sabda Rasulullah SAW dalam HR. Ibnu Majah “ Menuntut ilmu itu suatu kewajiban bagi setiap3 muslim”.

Hadist tersebut memberikan dorongan yang amat kuat kepada kaum muslimin untuk belajar mencari ilmu sebanyak-banyaknya, salah satunya dengan kegiatan yang dilaksanakan sekarang.

Dengan kegiatan menulis, tentunya memerlukan banyak referensi dalam mengembangkan tulisan menjadi kaya informasi.

Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan literasi di Sekolah- sekolah SPT di Aceh Besar yaitu dapat mengembangkan budaya literasi di sekolah.

Adapun manfaat dilaksanakan kegiatan ini, dapat menghasilkan generasi yang berkarakter dan dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan mendidik seperti memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal, pojok baca di dalam kelas, taman bacaan, maupun lingkungan sekolah sebagai media literasi di sekolah.

Hasil dari kegiatan hari ini, ada beberapa siswa yang sudah mampu menulis puisi dan pantun hasil karya sendiri dan mampu mempresentasikannya dengan percaya diri.

Kegiatan tersebut tidak hanya sampai disini, akan tetapi aka nada pendampingan dalam menulis buku sampai dua bulan kedepan.

Related posts