Ternyata Siswa-Siswi Punya Bakat Menulis, Tinggal Bagaimana Cara Kita Memotivasinya

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM |ACEH BESAR—–Kegiatan tim literasi khusus pada sekolah program SPT jenjang SD Disdikbud Aceh Besar pada selasa (12/2/2019) jadwalnya di dua sekolah, SDN 1 Indrapuri digawangi oleh tim II, Anissatul Fajri SPd dan Sri Afriani SPd, sementara untuk SDN Banda Safa oleh tim I, Juwita SPd dan Lisa Fiyerni SPd dengan tetap didampingi oleh koordinator tim, Rusydi SAg.

Sebagai koordinator tim, Rusydi SAg dalam hal ini sebagai penulis laporan kegiatan ini sehari sebelumnya sudah menghubungi kepala sekolah yang akan dikunjungi oleh tim literasi.

Read More





Saya sudah berjanji dengan tim II untuk pergi bersama-sama ke SDN 1 Indrapuri, karena di samping anggota tim belum tahu tempatnya juga biar sampainya nanti tepat waktu. Namun salah seorang anggota tim II, Anissatul Fajri ternyata tidak jadi pergi bersama-sama tetapi diantar sama suaminya.

Kami jam 08.30 sampai di SDN 1 Indrapuri dan kepala sekolahnya, Drs Mukhtar sudah berdiri di pintu gerbang sepertinya menunggu kedatangan kami. Lalu kami memasukkan mobil ke dalam pekarangan sekolah, seterusnya sekilas kami menyapa dan ngobrol dengan kepala sekolah dan mempersilakan untuk masuk terus ke ruangan yang sudah dipersiapkan.

Sejenak handphone saya berdering, ternyata ada panggilan telpon dari bu Anissatul Fajri. Ia menanyakan dimana SDN 1 Indrapuri, ternyata beliau tidak mengetahui alamatnya. Lalu saya memberitahu kepadanya alamat SDN 1 Indrapuri, walaupun sedikit berputar-putar dan sempat tersesat, akhirnya sampai juga ke tempat yang ingin dituju.

Setelah semua anggota tim sampai, kegiatan literasi langsung dimulai. Diawali dengan sambutan kepala sekolah, Drs Mukhtar mengatakan terima kasih kepada tim literasi Disdikbud Aceh Besar telah mengunjungi sekolahnya.

Lebih lanjut Bapak Mukhtar meminta siswanya bersungguh-sungguh mengikuti acara literasi ini, supaya nantinya bisa menelorkan karya-karya yang akan siap dibukukan.

Selanjutnya giliran saya sebagai koordinator tim menyampaikan motivasi dan kiat-kiat dalam berliterasi baik itu membaca maupun menulis. Bahwa kegiatan kegiatan literasi ini bagian dari upaya Disdikbud Aceh Besar untuk menyukseskan program SPT yang sedang dijalankan di 23 sekolah jenjang SD dan sepuluh sekolah jenjang SMP sebagai pilot projek.

Sesi selanjutnya dilanjutkan oleh Anissatul Fajri dan Sri Afriani mengupas bagaimana cara menulis puisi, pantun, cermin, dan cerpen. Para siswa-siswi sangat antusias dan tekun mengikuti kegiatan.

Selama kegiatan berlangsung anak anak sangat tertib dan khusyuk dalam menulis sehingga dapat menghasilkan cerpen dan cermin yang sangat menarik.

Kegiatan ini diikuti oleh 88 siswa dan juga diikuti wali kelasnya masing masing yang ikut mendampingi siswa hingga selesai kegiatan ini. Sungguh sangat luar biasa partisipasinya sehingga anak-anak maksimal mengikuti workshop.

Setelah memberikan motivasi-motivasi dan penyampaian materi sekitar lebih kurang satu jam, saya menuju ke sekolah lainnya, SDN Banda Safa, di mana tim I sedang melaksanakan kegiatan yang sama.

Sesampainya saya di SDN Banda Safa langsung memasuki ruangan tempat kegiatan literasi sedang berlangsung. Ternyata anak-anak sedang mempraktikkan menulis, ada yang mengambil tempat tetap berada di ruangan ada juga siswa yang memilih di luar.

Setelah itu anak-anak istirahat sebentar, 15 menit kemudian semua mereka kembali lagi ke kelas dan ternyata ada yang sudah menyelesaikan tulisannya.

Kemudian saya, Juwita SPd dan Lisa Fiyerni SPd memilih karya-karya yang sudah siap. Setelah terpilih kami memanggil ke depan untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Ternyata siswa-siswi punya bakat menulis, tinggal bagaimana memotivasi membangkitkan semangat dan minat supaya mereka mau menulis.

Related posts