Muspika Kecamatan Darussalam Tinjau Posko PPKM dan Lakukan Sosialisasi di Gampong Tanjung Selamat

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Muspika Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, meninjau Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Skala Mikro (PPKM), dan melakukan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Virus Covid-19 di Gampong Tanjung Selamat, Senin, (21/6).

Kegiatan peninjauan dan sosialisasi dipusatkan di Gedung Serbaguna desa setempat dihadiri oleh Camat, Burhanuddin, S.Sos.I, Kapolsek Iptu Burhan, Kepala Puskesmas dan nakes, Babinsa, Andi Adrian Adam, dan Taufik, M. Rizal, Babinkamtibmas Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam.

Bacaan Lainnya

Diawali dengan pembukaan oleh Keuchik Gampong Tanjung Selamat, Salamun SH acara berlangsung secara lancar dan tertib mengikuti protokol kesehatan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Virus Covid-19 di Gampong Tanjung Selamat itu merupakan pilot project atau sebagai percontohan bagi 29 gampong lain yang ada di Kecamatan Darussalam.

“Terima kasih Pak sudah memilih Tanjung Selamat sebagai Gampong percontohan melakukan sosialisasi ini, kami siap pak bekerja sesuai dengan instruksi menteri, gubernur, bupati, dan camat juga,” kata Salamun didampingi Sekdes Miswar, M.Ag.

Koordinator posko PPKM Kecamatan Darussalam yang langsung dipimpin oleh Kapolsek menjelaskan bahwa setiap desa/gampong diwajibkan adanya Posko yang memiliki tempat lebih representatif dengan mengacu pada pedoman yang ada.

“Wajib ada posko di setiap gampong dan satgas Covid-19 gampong memiliki data kependudukan yang dapat digunakan untuk melakukan tracer (pelacakan) bila terjadi kasus sesuai acuan,” ujar Burhan.

Ia menambahkan, “ada tiga fungsi satgas Covid-19 gampong yaitu melakukan pencegahan, penanganan, dan pembinaan. Bila terjadi kasus diharapkan tim bisa langsung koordinasi untuk memudahkan pekerjaan di lapangan sesuai peran masing-masing.” sambung Kapolsek.

Sementara itu Camat Darussalam, Burhanuddin, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Gampong Tanjung Selamat, baik Keuchik dan perangkatnya, Tuha Peut beserta anggotanya yang telah menerima dan memberikan kesempatan bagi tim Muspika untuk melakukan kegiatan sosialisasi dengan sambutan yang sangat baik.

“Alhamdulillah kami sudah mengunjungi posko PPKM Gampong Tanjung Selamat dan Gampong Miruek yang sudah berjalan dengan baik sesuai instruksi.”ujar Burhanuddin.

Terkait dengan anggaran untuk kegiatan satgas Covid-19 gampong, Burhanudin menyilakan Keuchik untuk memplot dana desa sebesar 8 persen untuk realisasi kegiatan yang tergolong tanggap darurat termasuk pandemi. Ini berdasarkan hasil kesepakatan dan arahan Bupati Aceh Besar.

“Silakan menggunakan dana desa sesuai keperluan, baik untuk operasional lapangan maupun untuk penanganan korban yang terkena covid dan harus isolasi mandiri dengan menyediakan sembako. Namun yang terpenting disertai pertanggungjawaban secara administrasi yang jelas.” Burhanuddin menambahkan.

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391

Pos terkait