Fokus Itu Penting

  • Whatsapp

Oleh : Juwita SPd*

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Tulisan ini terinspirasi dari status yang diupdate oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar Dr.Silahuddin, M.Ag di instagram, foto beliau sedang bermain futsall dengan tulisan statusnya “Fokus Itu Penting”.

Read More





Hal yang menentukan untuk mencapai sebuah kesuksesan dan keberhasilan adalah target dan fokus. Target tanpa fokus itu mimpi belaka, fokus tanpa target itu adalah sia-sia.

Penulis terinspirasi untuk membuat ulasan dari status tersebut, benang merah yang penulis tarik adalah menghubungkan dengan iklan di siaran televisi yaitu iklan aqua.

Pada iklan tersebut orang-orang yang gagal fokus dalam tugas pekerjaan dianjurkan untuk minum aqua. Aqua adalah air yang merupakan kebutuhan utama bagi manusia, terutama sekali dan setelah dikonsumsi air akan masuk kedalam tubuh manusia dan bermamfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Air yang jernih serta steril aman untuk diminum serta tidak akan membawa kemudharatan.

Begitu juga bila kita fokus melakukan tugas usaha kita dengan hal-hal yang jernih serta steril tidak akan membawa kemudharatan dan pasti akan membawa mamfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Dalam menjalankan rutinitas sehari-hari, apapun usaha dan profesi kita terdapat tantangan yang menghalangi kesuksesan.

Terkadang kegagalan-kegagalan selalu menyertai usaha kita, disitulah peran fokus untuk menata kembali apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut.

Dengan fokus pada tiga hal usaha dan pekerjaan kita akan jernih dan steril serta lebih cepat mencapai tujuan yaitu :

1. Disiplin

Korelasi air aqua dengan disiplin adalah apakah selama ini kita sudah meminum air sesuai kebutuhan akan air bagi tubuh, dalam satu hari berapa yang harus kita konsumsi atau kita selama ini minum dengan tidak beraturan. Asupan konsumsi akan ada implikasinya terhadap diri kita.

Begitu juga dengan disiplin dalam usaha kita, apakah sudah benar-benar kita mendisiplinkan diri agar kesuksesan mau menyapa kita.

Bila kita kurang disiplin maka akan timbul kejenuhan, dongkol dalam hati, seolah-olah kita diatur.

Tetapi bila disiplin itu tergerak dari hati nurani dan sudah merupakan cerminan kepribadian diri maka akan berdampak positif untuk mendukung segala bentuk aturan yang diterapkan.

2. Kerja Keras Tanpa Menyerah

Terus tingkatkan kerja keras tanpa pernah menyerah untuk mencari sumber mata air yang benar-benar jernih serta sirami terus pribadi kokoh kita dengan air jernih tersebut, makna tersiratnya adalah kerja keras dengan semangat tekad yang kuat untuk menemukan dan melakukan hal-hal positif dan baik untuk memperbaiki kegagalan, rangkul orang-orang yang mau berbuat baik bersama kita.

Mungkin kita tidak sanggup melakukannya sendiri, sampaikan hal baik yang akan kita lakukan pasti Tuhan akan memberi jalan keluar dan  bantuan dari siapapun  serta melalui apapun.

3. Introspeksi Diri

Korelasi air aqua dengan instropeksi diri adalah apakah selama ini kita sudah mengkonsumsi air yang benar jernih dan steril, makna tersiratnya apakah selama ini kita sudah benar-benar mengisi relung suci hati kita dalam menjalankan tugas usaha dengan niat di hati yang jernih, hati yang ikhlas dengan tujuan untuk saling berbagi sesama manusia.

Dalam hal kebenaran, tulus berbagi untuk siapapun tanpa membeda-bedakan, tidak menginjak orang lain untuk mencapai sukses kita, sudah saling menghargai, disitulah letak poin instropeksi diri kita.

Manusia yang mengintropeksi diri tidak akan menyalahkan orang lain dan dapat menentukan keputusan akhir dari suatu tujuan yang ingin dicapai.

Masalah mengintrospeksi diri dengan tidak menyalahkan orang lain, dimulai dengan disiplin terhadap diri sendiri, lapang dada terhadap orang lain.

Jika kita berperilaku disiplin dan berlapang dada, otomatis kita akan dapat menjaga kelakuan dan memaafkan perbuatan orang lain dengan benar-benar ikhlas dari relung hati, dengan sifat memaafkan diri sendiri dan selalu memaafkan orang lain.

Nurani akan selalu menanyakan apa yang telah diperbuat, pasti semua konflik dan perselisihan dapat diselesaikan dengan mudah. Tetapi jika hanya menyalahkan pihak lain dan tidak dapat mengintropeksi diri sendiri, maka akan timbul kebencian dan konflik makin berkepanjangan, yang akan menyebabkan ketidak harmonisan dan kehancuran hubungan.

Sosok yang selalu menginstrospeksi diri akan melahirkan jiwa kepribadian yang bijaksana dalam semua hal, dengan tidak menyalahkan dan memusuhi orang lain, tidak akan menyembunyikan kesalahan, tidak melemparkan tanggung jawab diri sendiri, sehingga tidak menyebabkan konflik dan pertengkaran dengan orang lain.

Fokus dari ulasan penulis adalah fokus itu penting ( kutipan status Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besae), bila gagal fokus kembalilah ke air aqua (artinya kembali ke hal-hal yang jernih dan steril).

Semoga kita semua dapat selalu berada diantara orang-orang yang jernih dan steril hati, sikap dan perilaku untuk memajukan dunia pendidikan.

*Guru SDN 1 Indrapuri dan juga pengurus IGI Aceh Besar

Related posts