Menyoal Birokrasi Patrimonial

  • Whatsapp

Oleh : Muhammad Syarif SHI MH*

SANTERDAILY.COM |BANDA ACEH–OPINI–-Gaung reformasi yang didengungkan di era 1998, ternyata belum mampu membawa arah baru dalam tatanan kehidupan bernegara. Setelah mahasiswa mampu menumbangkan rezim politik orde baru, ternyata gerakan reformasi legah dan belum mampu menata pemerintahan menjadi lebih baik.

Bacaan Lainnya

Bahkan di Tahun 2013 penyelenggara pemerintahan baik di tingkat Pusat maupun Daerah cendrung belum menunjukkan perubahan yang siknifikan. Banyak pejabat tersangkut korupsi, bahkan orang-orang yang getol memperjuangkan Gerakan perubahan dan anti korupsi ternyata tersandung dalam “buih”. Lantas apa yang harus kita lakukan…?

Hasil survei Transparansi Internasional, Tahun 2007 Indek Prestasi Korupsi (IPK) Indonesia berada diurutan ke-126 dari 180 negara yang disurvei. Indonesia satu kelompok dengan Negara Eritrea, Guyana, Honduras, Libya, Mozambik dan Uganda dengan IPK 2,6. Sementara Negara yang memperoleh pridikat terkorup adalah Negara Somalia dengan IPK 1 disusul Myanmar (1,3) dan Irak (1,3). Sementara 3 negara terbersih adalah Denmark, Selandia Baru dan Swedia dengan IPK 9,3.
Reformasi Birokrasi merupakan keharusan, jika Pemerintahan menuju good goverment and clear goverment.

Sepertinya ada kecendrungan model “birokrasi kerajaan baru” merambah pada tatanan pemerintahan baik dilevel pusat maupun dilevel daerah. Model ini cendrung melanggengkan kekuasaan dengan mengandalkan kolega untuk memimpin tampuk pemerintahan.

Dimana kemampuan akademik dan managerial bukan menjadi keharusan. Yang paling penting adalah sepaham, se kampung, se partai. Ini patut menjadi bahan kajian kita semua. Semangat model ini sepertinya sudah mendarah daging dan ini sangat bertolak belakang dengan semangat reformasi sebagaimana yang diperjunangkan oleh mahasiswa pada saat melengserkan Suharto dan kroni-kroninya.

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391

Pos terkait