Abid Firjatullah Juara III Duta Santri Sadar Hukum

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | BANDA ACEH–-Dinas Pendidikan Dayah Aceh melaksanakan Program Sadar Hukum bagi Santri Dayah se Aceh. Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah pemilihan Duta Santri Sadar Hukum Provinsi Aceh Tahun 2018.

Indikator penilaian dalam pemilihan Duta Santri Sadar Hukum ini memakai metode Ujian Tulis dan Pemaparan ke depan tentang tingkat pengetahuan para Santri terhadap aturan Hukum meliputi Korupsi, Narkotika dan Wawasan Kebangsaan.

Acara Pemilihan Duta Santri Sadar Hukum Provinsi Aceh Tahun 2018 ini terjalin berkat kerja sama Dinas Pendidikan Dayah Aceh dengan Pihak Kejaksaan Tinggi Provinsi Aceh.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 26-30 November 2018 diikuti 46 orang Santri dari 23 Kabupaten/Kota seluruh Aceh yang masing-masing didampingi oleh satu orang pendamping.

Hal ini disampaikan Oleh Kabid Manajemen dan Pengasuhan Dinas Pendidikan Dayah Aceh Ir Rasmalina MT dalam laporannya pada saat Pembukaan Acara hari Selasa (27/11) di Hotel Mekkah Banda Aceh.

Lebih lanjut Rasmalina mengatakan tema yang diangkat “Menanamkan Kesadaran Hukum Sejak Dini di Lingkungan Dayah, Mempersiapkan Santri sebagai Generasi Aceh Yang Sadar Hukum”.

Sementara Usamah El-Madny Kepala Disdik Dayah Aceh mengatakan kegiatan ini nantinya menjadi rujukan nasional, karena baru Aceh yang telah mengandeng Kejaksaan Dalam melakukan Pemilihan Duta Santri Sadar Hukum.

Para pemenang mendapat Tropy, Selempangan, Sertifikat dan Uang Pembinaan. Semua Juri berasal dari unsur kejaksaan.

Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh bersyukur atas capaian juara III santri sadar hukum yang diraih Abid Firjatullah, santri Inshafuddin Kota Banda Aceh.

“Ini patut kita syukuri, mudah-mudahan kedepan Kota Banda Aceh bisa meraih juara I,” ujarnya.

Lebih lanjut Syarif yang bertindak selaku pendamping juga mengucapkan terima kasih kepada guru dayah Inshafuddin yang telah melatih dan melakukan pembinaan awal sebelum tampil di level propinsi.

“Semangat “SAPODANG”; Santri Dayah Banda Aceh Pinter dan Terpandang menjadi amunisi jitu untuk meraih kesuksesan,” tandasnya.

Adapun rincian pemenang Duta Santri Sadar Hukum sebagai berikut:
Katagori Putra:
Juara I : Muhammad Rizki (Bireun)
Juara II : Mai Riski (Pidie Jaya)
Juara III : Abid Firjatullah (Banda Aceh)
Harapan I : Muhammad Azis (Aceh Utara)
Harapan II : M. Yazid Syaliqi (Langsa)
Harapan III : M.Al Farizi (Sabang)

Katagori Putri:
Juara I : Nuzulia Fahnur (Aceh Selatan)
Juara II : Zahratul Jannah (Pidie)
Juara III : Siti Ayu Musfira (Langsa)
Harapan I : Rista Marziyanti (Aceh Utara)
Harapan II : Nanda Eka Yusfira (Pidie Jaya)
Harapan III : Nurul Azmi (Sabang)

Related posts