Bersedekah di Bulan Penuh Berkah

  • Whatsapp

Oleh : M. Sanusi Madli*

OPINI–-Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dimana segala kebaikan yang dilakukan oleh ummat manusia dibulan tersebut akan dilipatgandakan pahala nya oleh Allah swt, termasuk bersedekah, karena itu bersedekah sangat dianjurkan pada bulan yang Agung ini.

Sedekah selain mendapatkan pahala, juga mampu melipatgandakan rizki, ibarat sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, yang pada tiap tiap bulir itu akan terurai seratus biji, begitulah perumpaan bagi orang yang bersedekah, rizki nya akan tumbuh dan berkembang, bila semua itu dilakukan karena Allah, bukan karena yang lain.

Allah adalah Zat Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada semua hambaNya, bahkan kepada kita yang setiap desah nafas hampir selalu membangkang perintahNya, namun Dia tetap mengucurkan rahmat Nya yang tiada terkira. Segala amalan yang kita perbuat, amal baik maupun amal buruk, pasti akan kembali kepada diri kita.

Demikian juga dengan apa yang kita miliki, semuanya datang dari Allah yang Maha Kaya, dititipkan kepada kita untuk dimanfaatkan sebaik mungkin, bila kita pergunakan pada jalan yang baik, maka kita akan memperoleh pahala dari Nya, namun bila salah dalam mempergunakannya, maka kita pun akan mendapatkan balasan dari Nya, baik di dunia maupun di hari pembalasan kelak.

Indonesia, khususnya Aceh, pada ramadhan tahun ini kita mengalami musibah wabah corona, virus yang telah memporak porandakan perekonomian masyarakat, bukan hanya Aceh, dunia pun mengalami ketidakstabilan akibat pandemi covid-19, sehingga lahir Orang Miskin Baru (OMB) disekitar kita, banyak masyarakat yang tidak bisa bekerja maksimal akibat kondisi darurat covid-19 sehingga pendapatannya menurun, bahkan tidak sedikit yang kehilangan pekerjaan, karena itu sejatinya momentum ini membuat kita lebih bersemangat dalam bersedekah, mengingat betapa banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita, jangan sampai ada tetangga kita yang menahan lapar akibat pasokan makanan dirumahnya habis, atau jangan sampai ada masyarakat dalam desa kita menangis akibat kelaparan.

Rasulullah beserta para Shahabat telah memberi contoh dan teladan yang baik kepada kita semua, Ibnu Abbas meriwayatkan, Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, kedermawanannya lebih besar dibulan Ramadhan. “Rasulullah SAW lebih dermawan daripada angin yang bertiup,” (HR. Bukhari Muslim).

Oleh karena itu, mari kita bersedekah sesuai kemampuan yang kita miliki, yakinlah bahwa sedekah tidak akan mengurangi rizki kita, malah dengan bersedekah, rizki akan bertambah, ini janji Allah.

Wallahu’alam…

*Penulis : Sekretaris Dayah Al ‘Athiyah Banda Aceh, Operator SIDARA, Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh, Ketua Lembaga Pelayanan Pengembangan Dakwah Aceh.

Related posts