Disdik Aceh Jaya Gandeng Pustekkom Kemdikbud Gelar Pelatihan Manajemen

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH JAYA — Setelah sukses melaksanakan pembinaan MGMP tingkat SMP dan pembinaan gugus SD se-Aceh Jaya pada 22-26 Oktober 2018 lalu, Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh Jaya pada 5-8 November 2018 kembali melakukan terobosan yang sangat inovatif dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Pada kali ini Disdik Aceh Jaya bekerjasama dengan Pustekkom Kemdikbud melaksanakan Pelatihan Manajemen Pengawas, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Pustaka, Dan Kepala Laboratorium tingkat SD dan SMP Se-Aceh Jaya.

Bacaan Lainnya

Ketua panitia Abu Bakar, SPdI  menyebutkan kegiatan ini menghadirkan delapan pemateri dari Pustekkom Kemdikbud dan dilaksanakan di empat lokasi yaitu Aula Disdik, SMPN Unggul, SMPN 1 Calang, dan SMAN 1 Calang.

“Pemusatan keempat lokasi tersebut mengingat jumlah perserta sangat banyak yaitu 235 orang, sehingga harus dibagi kedalam delapan ruangan. Adapun materi yang disajikan adalah manajemen dan supervisi berbasis TIK, aplikasi praktis pendukung kinerja; rumah belajar online, dan aplikasi pendukung pembelajaran lainnya,” jelasnya.

“Adapun tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan manajemen kompetensi Pengawas, Kepala Sekolah, Wakil Kepala, Kepala Laboratorium, dan Kepala Perpustakaan SD dan SMP dalam memimpin Sekolah, meningkatkan manajemen kompetensi guru dalam proses pembelajaran/pengajaran di sekolah, meningkatkan manajemen kompetensi guru dalam pembuatan karya ilmiah/naskah/produk kreatif dan inovatif secara digital dan terpublikasi, “sebutnya.

“Memahami dan mengerti detail tentang pemanfaatan media online secara benar dan bijak, memastikan kepada khalayak bahwa Rumah Belajar online juga membantu proses belajar mengajar yang efektif, serta adanya motivasi literasi bagi pengawas Kepala Sekolah, Wakil Kepala, Kepala Laboratorium, Kepala Perpustakaan dan Pengawas SD-SMP, serta siswa agar terhindar dari penyalahgunaan media online, “lanjutnya.

Secara terpisah Kepala dinas pendidikan Aceh Jaya Abdul Jabar, S.Pd menyampaikan kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk meningkatakan kompetensi dan profesional peserta dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu di aceh Jaya.

“Kehadiran pustekkom kemdikbud ke Aceh Jaya merupakan hasil dari kerjasama Disdik dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Jaya, “ujarnya.

“Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang pengembangan dan pemanfaatan TIK sehingga semakin mampu menguasai kompetensinya dan memberikan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa-siswi dalam Kabupaten Aceh Jaya yang subtainable, “pungkas Abdul Jabar.

Penulis : Maswadi
Editor    : Abi Andesa

Pos terkait