Disdik Pidie Jaya Laksanakan TOT Bagi Guru PBI

  • Whatsapp

Pidie Jaya – Menindaklanjuti Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendidikan Berkarakter Islami. Disdik Pidie jaya melaksanakan pelatihan Training of Trainers bagi Guru Pendidikan Berkarakter Islami (PBI).

Guru merupakan ujung tombak sebagai pelaku utama dalam mengembangkan karakter peserta didik di sekolah, dan sosok yang ditiru, diidolakan, diteladani serta menjadi sumber inspirasi dan informasiserta juga pemberi motivasi bagi peserta didik.

Read More





Sikap dan prilaku seorang guru sangat membekas dalam diri siswa, sehingga ucapan, karakter dan kepribadian guru menjadi cermin siswa. Dengan demikian guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, bermoral dan berakhlak mulia.

Kadisdik Pidie Jaya Saiful, M.Pd dalam arahannya mengharapkan adanya keiklasan dan komitmen peserta ToT untuk mengikuti dengan fokus dan bisa menjadi contoh bagi guru guru lain dan Siswa dengan mengoptimalkan kegiatan pembiasaan diri yang berwawasan pengembangan budi pekerti dan akhlak mulia, dengan menekankan kepada kegiatan-kegiatan pengembangan yang kontekstual, kegiatan yang menjurus pada pengembangan kemampuan afektif dan psikomotorik. Jika ini sudah berjalan dengan optimal akan dilakukan evaluasi secara intens dan menyuluruh.

Sementara Makmurrizal, M.Pd selaku Kabid Dikdas mengatakan ToT ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 22 s.d 24 Oktober 2020, diikuti 20 orang peserta di Aula SMPN I Mereudu.

Peserta ToT ini nantinya akan menjadi fasilitator pada pelatihan lanjutan bagi guru guru PBI lainnya. Materi yang disampaikan lebih kepada penyusunan dan pemahaman kurikulum pembelajaran PBI di satuan pendidikan.

“Dalam menumbuh kembangnya karakter peserta didik di satuan pendidikan merupakan salah satu peran penting guru PBI. Untuk itu guru perlu untuk menyiapkan strategi pembelajaran yang efektif dan kreatif dalam melaksanakan berbagai jenis kegiatan yang mendukung kegiatan pengembangan pendidikan karakter islami peserta didik”. Ujarnya.

Related posts