Disdikbud dan PGRI Aceh Besar Gelar Seminar Nasional

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan PGRI Aceh Besar menggelar seminar nasional Perlindungan Guru dalam Perspektif Perlindungan Anak dgn tema “Menuju Pendidikan Aceh Besar yang bermartabat dalam Bingkai Syariat Islam” pada Jumat (21/12/2018) di aula SMPN 3 Ingin Jaya.

Sekretaris PGRI Aceh Besar, Agus Jumaidi MPd yang juga selaku Kabid GTK, menyampaikan seminar nasional menghadirkan narasumber Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Pendidikan, Retno Listyarti MSi yang diikuti ratusan guru SD dan SMP Se-Aceh Besar.

Agus Jumaidi menambahkan kegiatan seminar nasional pada hari ini dipersiapkan dalam waktu sesingkat-singkatnya karena sebenarnya bu Retno mengikuti kegiatan bersama Dinas Pendidikan Dayah Aceh, namun PGRI Aceh Besar meminta beliau untuk mau meluangkan waktu untuk mengisi acara seminar.

Kadisdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg menyampaikan dalam sambutannya, setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. “Fitrah bukan berarti kosong, namun ada potensi, bagaimana orangtua, guru bisa mengisi potensi tersebut,” ujarnya.

“Guru di samping mempunyai kewajiban mendidik dan mengajar tetapi juga dengan sentuhan hati/nilai serta memiliki hak perlindungan hukum,” tandas Silahuddin.

Sementara itu narasumber, Retno Listyarti dalam paparannya bahwa dalam pasal 39 ayat 2 UU No 14/2005 tentang guru dan dosen dituliskan, perlindungan terhadap guru tersebut meliputi perlindungan hukum, perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja.

  • Whatsapp

Related posts