Jika Pintar Bersyukur Banyak Hikmah Dibalik COVID-19

  • Whatsapp

Oleh : Markhayani SPd*

■ Bersihkan Hati Sucikan Jiwa

FEATURE—Untuk melakukan banyak hal tentunya modal paling utama adalah kesehatan. Dalam masa pandemi Covid-19, Allah memberikan banyak kesempatan untuk kita renungkan dan melakukan aktifitas di rumah saja ,suka tidak suka itulah yang harus kita lakukan untuk menghindari penyebaran virus Corona yg sangat berbahaya itu.

Dalam hal ini banyak orang memanfaatkan waktu pandemi Covid-19 ini sesuai pemahaman masing-masing jika kita berfikir ini adalah kesempatan memperbaiki diri maka pasti banyak berbuat kebajikan dan mohon ampun serta bertaubat kepada Allah swt atau sebaliknya. Subhanallah semoga Allah berikan hidayah kepada hambaNya untuk berbuat kebajikan.

Apapun keinginan yang ingin kita lakukan pastikan modal utama adalah kesehatan , sehat badan , sehat pikiran, dan sehat perilaku. “Mens Sana In Corpore Sano” adalah sebuah kutipan yang berarti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat atau diterjemahkan sebagai ,,pikiran yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat.

Nah semboyan ini saya sering dengar diucapkan oleh guru hebat sejak saya duduk di bangku kelas empat SD, sampai sekarang banyak orang yang mengabadikannya ,karena ucapan ini sebagai ajakan untuk hidup sehat.

Ujaran tersebut dalam bahasa latin berbentuk mens Sana in Corpore Sano, merupakan karya sastra seorang pujangga Romawi, Decimus Lunius Juvenalis pada karya bertajuk satire X sekitar abad kedua Masehi.

Dengan demikian kita bisa memahami bahwa kesehatan ini harus benar-benar diperhatikan dan dijaga karena dengan pola hidup yang sehat terdapat perilaku yang sehat juga , dan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Maka dengan demikian apa lagi masa pandemi Covid 19 wabah penyakit yang berbahaya ini sedang merajalela diseluruh dunia dan dapat menyebarkan virus mematikan ini dengan sangat cepat wajiblah bagi kita ,,Stay Healthy,, beriringan dengan ,,Stay at Home,, karena kesehatan itu dimulai dari diri sendiri.

Sehat itu mahal ,jagalah kebersihan maka kebersihan itu akan menjaga anda , kebersihan itu selain dari menjauhkan kita dari kuman penyakit , banyak manfaat lain yg bisa kita ambil kebersihan dan Kesehatan ,ini adalah merupakan anugerah Allah swt yang paling berharga mampu memberikan kenikmatan.

Hidup Sehat Hidup Nikmat ,Pola Hidup Sehat adalah Obat yang sangat mujarab ,,Keeping Your Body from disease is a way to a void illness,, ini adalah salah satu cara menghindari penularan penyakit ,apa lagi Masa pandemi Covid 19 wabah penyakit yang berbahaya ini jika hidup kurang bersih virus akan lebih suka dan cepat menghampirinya.

Nauzubillah ,,Bek Tungang dan Bek Batat,, saat ini wajiblah kita ikuti protokol yang sudah di instruksikan oleh pemerintah , stay at home , jangan kumpul bareng , Sering Cuci Tangan pake sabun di air yang mengalir dan pake masker jika keluar rumah.

Dengan demikian kita sdh berusaha untuk menghindari penyebaran virus Corona baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, serta sudah berusaha untuk mengurangi beban para medis yang tak kenal lelah berjuang utk menyelamatkan nyawa pasien Covid 19, sampai keselamatan nyawa sendiri terabaikan demi keselamatan orang lain , masyaallah semoga bagi pahlawan Covid 19 yang telah gugur Allah berikan tempat yang istimewa disisiNya , semoga wabah ini segera Allah hilangkan dibumi Allah ini.

Allah selamatkan seluruh Kaum Muslimin dan Muslimat diseluruh dunia, Aamiin 🤲🏼 🤲🏼🤲🏼 , Subhanallah selama Covid 19 ini semua kegiatan ditiadakan , sekolah libur siswa belajar di rumah, beribadah di rumah, silaturrahmi tidak ada karena menghindari kerumunan itu mencegah penyebaran virus , kondisi yang sangat sulit hanya bisa berkomunikasi lewat udara .

Masyaallah , namun dibalik semua ini Allah sangatlah bijaksana maha kuasa maha segalanya , dibalik ujian Allah swt memberikan Covid 19 ini terlalu banyak hikmah bisa kita petik , terutama Stay at home punya makna besar yg selama ini kita kurang bersama, belajar dari Covid 19 banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga ,dahsyatnya saat kita mampu memberikan contoh langsung kepada si buah hati tidak hanya bicara , melaksanakan shalat tepat waktu , banyak baca Alquran , berzikir dan berdoa.

anak anak menyaksikan dan malah melaksanakan bersama sama itu adalah hal yg sangat penting yang harus kita tunjukan kepada anak anak kita,kalau selama ini kita hanya perintah dan menyuruh mereka berbuat sementar kita berbicara sambil jalan menuju kesibukan masing masing ,tidak pernah ada kesempatan utk mendidik mereka langsung dengan perbuatannya malah kadang kala anak anak kita banyak bersama pembantu dibanding dengan orang tuanya , subhanallah, Allahuakbar orang tuanya pergi pagi pulang petang rumah sepi jumpa dengan anak suami istri seperti jumpa dengan tetangga kamar begitulah disibukan oleh urusan dunia terus menerus.

Mungkin Allah mulai bosan melihat tingkah kita yang selalu terabaikan perintahNya dan malah sering terlupakan sehingga Allah mengirim tentara Covid 19 dengan tujuanya memberantas kesombongan dan keangkuahan hambaNya.

Jangankan dengan orang luar rumah dengan orang satu rumah saja seperti tetanga kamar siapa lho siapa gue ,sampai di rumah karena kelelahan tertidur kita akui atau tidak itu fakta yang terjadi. Hikmah lain selama Covid 19 ini Allah masih menyayangi hambaNya dipertemukan dengan bulan suci Ramadan bulan yang dimuliakan oleh Allah swt.

Alhamdulillah semakin banyak kesempatan untuk beribadah dibulan yang penuh ampunan ini , dimana banayak kita juga melihat saudara saudara kita yang sudah dipanggil oleh Allah swt baik dengan sebab lansia , sakit berkepanjangan dan sebab terpapar Covid 19 dan atau sebab berjuang untuk menyelamatkan nyawa saudara yang terpapar Covid 19 smg para pejuang Covid 19 Allah ampuni dosanya dan Allah tempatkan di syurgaNya.

Sementara kita hambaNya yang masih diberikan kesempatan untuk beribadah mari kita Taubat mohon Ampun kepada Allah Azzawajalla , apa lagi bulan Ramadan yang penuh berkah dan magfirah seraya stay at home banyak dapat kita lakukan , berpuasa , shalat malam , berzikir tadarus , bersedekah dan hal hal lain utk segala kebaikan ini adalah kesempatan yang sangat tepat dan mustajab insyaallah akan Allah Jabah ,kesempatan ini juga hikmah dari Covid 19, mungkin sebelumnya tidak punya waktu utk semua ini , disebabkan oleh kesibukan yang melebihi , disebabkan oleh jabatan disebabkan oleh pekerjaan pekerjaan yang tidak begitu penting sehingga Shalat fardhu saja kadangkala terlambat zuhur jam 3, asar jam 6 dan sebagainya setelah shalat tdk punya kesempatan berzikir apa lagi shalat malam sudah ketiduran sebab kelelahan siang hari masyaallah.

Fabiay yiala irabbikuma Tukazziban“ Nikmat Allah apa lagi yang kita dustakan ,,Allah maha segalanya jika Allah menghendaki tidak ada seorangpun yang dapat menolaknya, maka sadarilah manusia tidak punya kekuatan apapun selain kekuasaan yang diberikan oleh Allah swt, Istiqamah Ramadhan tahun ini jadikan momentum untuk Introspeksi diri agar apa yang sudah kita lakukan masa lalu , mengabaikan kebaikan , melalaikan perintahNya ,menyakiti orang lain menganggap dirinya super semua itu akan lenyap tidak bisa dibawa mati ,ini kesempatan Allah berikan untuk kembali.

Mencari Ridha Allah swt ,,karena kalau urusan dunia ini terlalu ikut campur manusia Allah akan melepaskannya ,maka mari kita ingat Allah ,dan Allah akan ingat hambanya , kematian di depan mata walau tidak bisa dipastikan waktunya ,Ramadhan yang penuh berkah Rezeki dan penuh Ampunan waktu yang sangat tepat Allah terima taubat.

Mari kita manfaatkan masa pandemi Covid 19 utk smakin taqwa dan semakain dekat dengan Allah swt,.Jadikan diri kita pintar bersyukur maka banyak sekali hikmah dari Covid 19 ini selain dari yang sudah penulis ungkapkan di atas karena Covid 19 Sosial lebih meningkat saling peduli sesama ,Karena Covid 19 banyak orang mulai berpikir cerdas dan lebih jernih alias Husnuzdon (berpikir positif) ,jika sebelumnya saling mencela ,iri dengki atau pra sangka yang berlebihan ,renungan ini adalah anugerah Yang Allah berikan masa pandemi .

Karena Covid 19 banyak orang berubah perilaku jahat menjadi lebih baik meninggalkan kejahatan berbuat kebajikan baik untuk diri sendiri maupun untuk diri orang lain, karena Covid 19 banyak orang bersedekah walaupun kebutuhan sendiri pas Pasan , Masyaallah Hikmah yang diberikan oleh Allah swt sungguh tak terhingga jika hamba yang bisa bersyukur.

Dalam hal ini ,,Important to Positive Thinking ,,berarti berpikir positif itu sangat penting ,,untuk menuju kehidupan damai ,rukun dan sejahtera tanpa banyak prasangka.

Akhir kata penulis mengajak mari berbuat kebaikan lebih banyak kepada orang banyak itu adalah usaha memberi kebahagian kepada orang lain maka akan Allah berikan pula kebahagian kita dunia dan akhirat semoga bermanfaat ,,MENCARI RIDHA ALLAH SWT ,, Literasi siap shalat Dhuha sambil menanti saatnya Zuhur ini merupakan Anugerah Allah belajar dari Covid 19 hikmah punya kesempatan lebih banyak dirumah ..Tetap semangat,Stay at home,Stay Healthy , perbanyak ibadah dan Ikuti protokol.[]

*Penulis adalah Kepala SMPN Ali Hasjmy, Aceh Besar.



Related posts

Paris

Paris