SMA Negeri 1 Lhokseumawe Gelar Lomba Literasi Spektakuler

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | LHOKSEUMAWE— SMA Negeri 1 Lhokseumawe menggelar Lomba spektakuler bidang literasi. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dalam tentang waktu yang tidak bersamaan.

Adapun kegiatan lomba literasi yang dilaksanakan adalah lomba menulis cerpen dan reading contes ( membaca cepat) selaiin kedua lomba tersebut kegiatan spektakuler juga dilengkapi dengan dua kegiatan lainya yaitu pelatihan jurnalistik dan Kunjungan industri. Kegiatan pelatihan jurnalistik dilaksanakan selama dua hari berturut-turut mulai tanggal 17- 18 Oktober 2018.

Read More

Dalam kegiatan ini SMA Negeri 1 Lhokseumawe menghadirkan penulis nasional Ayi Jufridar, S.E., MSM dan Marzuki Umar, SPd MPd yang merupakan guru purnabakti sekolah tersebut ikut mengambil bagian membimbing siswa dalam hal jurnalistik

Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 1 Lhokseumawe Nurasmah, SPd MPd mengatakan bahwa kegiatan spektakuler ini mengusung tema besar yaitu “Melalui Kegiatan Literasi Kita Tingkatkan Budaya Melek Baca dan Menulis di Kalangan Peserta Didik”

Pelatihan ini diharapkan menghasilkan jiwa -jiwa penulis yang mampu berkompetisi dalam membangun bangsa masa depan. Selanjutnya, beliau menambahkan bahwa kegiatan ini didanai oleh program sekolah rujukan yang sudah berlangsung selama dua tahun berturut-turut.

Dua kegiatan lainnya yaitu lomba menulis cerpen dan reading contest ( membaca cepat) dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Oktober .

Jumlah peserta untuk kegiatan spektakuler ini diikuti oleh 132 peserta yang terdiri atas 127 orang berasal dari SMA 1 Negeri Lhokseumawe selebihnya adalah perseta dari sekolah imbas yaitu SMA di lingkungan kota Lhokseumawe.

Dra Lina Fajri, Muklis Puna dan Rohana, S.Pd. selaku Tim pengembang literasi SMA 1 Lhokseumawe ditunjuk sebagai juri dalam kegiatan tersebut.

Muklis Puna selaku ketua literasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhoksemawe dalam arahannya kepada peserta lomba mengatakan bahwa kegiatan penulisan cerpen merupakan ajang kompetisi menulis dan membaca dikalangan peserta didik sebagai motivasi awal dalam menulis.

Dia juga membahkan setiap cerpen yang telah dinilai oleh dewan juri menjadi juara 1,2 dan 3 serta juara harapan hasil karyanya akan dibukukan bersama cerpen cerpen lainya dalam Antologi cerpen dibawah pembinaan IGI Kota Lhokseumawe.

Penulis : Muk

Related posts