70 Guru Aceh Besar Ikuti Webinar Literasi Digital

  • Whatsapp

ACEH BESAR—PGRI Aceh Besar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Aceh Besar, Sabtu (20/6/ 2020) menggelar Webinar Literasi Digital dengan tema “Mengerakkan Guru Belajar di Tengah Pandemi Covid-19”, yang diikuti oleh 70 peserta dari SD/SMP Se- Aceh Besar.

Kegiatan itu menghadirkan tiga narasumber, Faridah Lia SPd, Erda Marisa SPd, dan Muharil SPd MPd.

Read More



Kegiatan yang dibuka oleh plt Ketua PGRI Aceh Besar Agus Jumaidi, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada guru Aceh Besar yang antusias belajar melalui webinar. “Tentu ada kekurangan akan tetapi guru yang ikut hari ini harus mencari lagi referensi ilmu untuk pengembangan materi yang disampaikan oleh pemateri,” ungkapnya.

Agus, juga menambahkan bahwa PGRI Aceh Besar telah melakukan lima kegiatan webinar serupa sebagai upaya PGRI Aceh Besar membantu Dinas Pendidikan Aceh Besar dalam peningkatan kapasitas guru SD/SMP di Aceh Besar.

Dalam paparannya, narasumber pertama Faridah Lia, S.Pd, selaku guru SDN Lambada Klieng, menyajikan materi pengunaan comic life dalam pembelajaran.

“Comic life sebuah aplikasi ringan dan menarik yang bisa dipakai membuat komik sendiri, membuat cerita memakai foto atau gambar sehingga membuat pembelajaran lebih efektif dan menarik bagi siswa,” urainya.

Selanjutnya narasumber kedua Erda Marisa, S.Pd menyajikan materi pemanfaatan video dalam pembelajaran, guru SDN Peukan Bada ini menyampaikan bahwa kelebihan video sebagai media pembelajaran dapat mengembangkan pikiran siswa dan pendapat siswa, sehingga proses pembelajaran lebih baik.

Pada sesi terakhir diisi oleh pemateri ketiga Muharil S.Pd, M.Pd, guru SDN Bayu menyampaikan terkait pengunaan Google Form untuk membantu guru dalam memberikan materi dan evaluasi kepada siswa.

Setelah kegiatan pada hari ini akan dilakukan workshop untuk memilih guru-guru yang siap untuk membuat video pembelajaran dalam jenjang SD dan SMP, guna membantu guru dan siswa pada setiap tema dan materi pembelajaran.[]

Related posts