Apel Khusus Peringatan HUT Koopsau Ke 69 di Lanud Sultan Iskandar Muda

  • Whatsapp

ACEH BESAR—Segenap personel Lanud Sultan Iskandar Muda mulai dari yang berpangkat Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Lanud SIM. Senin (15/6/) melaksanakan apel khusus peringati HUT Ke 69 Koopsau. Bertempat di lapangan upacara Mako Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., selaku pimpinan apel saat membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prastyo, S.E., M.P.P., mengucapkan Selamat dan Dirgahayu, kepada seluruh personel Koopsau di mana pun berada dan bertugas, disertai harapan dan do’a semoga keluarga besar Koopsau senantiasa dalam limpahan rahmat dan perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. “Peringatan hari jadi Koopsau tahun ini dirayakan sesederhana mungkin, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Namun demikian, saya berharap peringatan yang sederhana ini tidak mengurangi makna dan semangat jajaran Koopsau untuk terus berkarya dalam pelaksanaan tugas sebagai satuan operasional TNI Angkatan Udara,” ujarnya.

Read More



Kurun waktu enam puluh sembilan tahun, Koopsau telah turut serta secara aktif dalam mengabdikan diri demi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara. Selama perjalanan tersebut, Koopsau telah mengukir berbagai prestasi penugasan, baik melalui Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang. Keberhasilan tersebut merupakan implementasi dari semangat pengabdian yang pantang menyerah serta integritas yang tinggi dari para pendahulu Angkatan Udara untuk kepentingan tanah airnya. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus kita harus memberi apresiasi yang setinggi-tingginya dengan meneladani nilai-nilai luhur perjuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu Angkatan Udara dalam menjaga dan mengawal Ibu Pertiwi. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa unprecedented nonmilitary threat, berupa pandemi global COVID-19, telah mewabah ke berbagai wilayah tanah air, bahkan ke berbagai penjuru dunia. “Koopsau telah membuktikan, tidak pernah ada keraguan dalam mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk menjamin terlaksananya core business Angkatan Udara,” terang Kasau.

Dalam penanganan COVID-19, Koopsau beserta jajarannya telah mengerahkan personel dan alutsista untuk memberikan bantuan dan dukungan angkutan terhadap Warga Negara Indonesia dari Wuhan, pengambilan alat kesehatan dari Hongkong, serta distribusi peralatan kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia. Di tengah pandemi COVID-19 ini, peran Koopsau sebagai engine dari pesawat yang bernama TNI Angkatan Udara menjadi semakin krusial. Derasnya arus informasi dan cepatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era Revolusi Industri 4.0, adalah tantangan yang harus kita hadapi. TNI Angkatan Udara harus dapat menguasai berbagai 7 teknologi disruptif yang mengiringi Revolusi Industri 4.0, sehingga tantangan tersebut tidak berubah menjadi ancaman, namun menjadi peluang bagi kemajuan TNI Angkatan Udara. Saya percaya Koopsau dan jajaran, akan dapat mewujudkan semangat Abhibhuti Antarikshe, yang sudah kita usung sejak dahulu. Harapan tersebut sesuai dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Komando Operasi TNI Angkatan Udara, yaitu: “Berlandaskan Profesionalisme dan Jiwa Nasionalis, Koopsau Siap Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara Yang Disegani di Kawasan”.

Danlanud SIM Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., menambahkan. “Program kerja yang kita laksanakan kita sudah memasuki ahir dari semester 1 tahun 2020 dalam kondisi pandemi Covid-19 tentunya ada beberapa hal yang mungkin tidak kita bisa laksanakan dengan maksimal, namun hal ini sudah dapat merifres apa-apa saja yang mungkin harus kita laksanakan untuk mempertahankan profesionalisme kita dimanapun job description kita berada,” tegas Danlanud SIM.

Related posts