Baitul Mal Gampong Tanjung Selamat Salurkan Santunan Anak Yatim

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Salah satu kewajiban umat Islam sebagaimana diperintahkan oleh Allah Swt dan Rasulullah Saw adalah menyantuni anak yatim, apalagi dalam bulan Ramadhan dan menjelang lebaran Idul fitri.

Baitul Mal Gampong (BMG) Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar bertempat di Masjid Babul Maghfirah menyerahkan santunan masing-masing sebesar Rp1.000.000 kepada 12 orang anak yatim Selasa (13/05/2020) sebagai wujud kepedulian terhadap mereka.

Penerima santunan tersebut masing-masing Akbar Ramadhan, Putri Ayu Maysarah, Alya Nafisa, Winda Humaira, Arif Mufijar, Muhammad Fajar, M. Fauzan, Muhd Iqbal, Fathiya Alifia, Mujaddid Akram, Muhammad Sya’ban, dan Muhammad Zaky semuanya dari gampong setempat.

Ketua Baitul Mal Gampong Tanjung Selamat Drs. Tgk H.M.Aji Adam mengatakan kegiatan menyantuni anak yatim sudah berlangsung sejak 2015 silam, di mana saat itu sejumlah anak yatim dari korban tsunami masih sangat membutuhkan bantuan.

“Penyantunan anak yatim ini sudah kami lakukan pertama kali sejak tahun 2015, inisiasi kegiatan ini lahir dari pemikiran perangkat gampong dan Tuha Peut saat itu. Setelah diputuskan pada Des 2014 maka pada Januari 2015 mulai membagikan santunan kepada 32 orang anak yatim.” urai Tgk Aji Adam yang juga sebagai Imam Masjid Babul Maghfirah.

Lebih lanjut Tgk Aji menjelaskan sumber dana santunan seluruhnya berasal dari para donatur dan sumbangan masyarakat (muzakki) yang terkumpul setiap tahunnya dan dibagikan setiap 3 bulan atau 4 kali dalam setahun dengan rata-rata penerima (mustahik) 20 orang anak yatim.

“Alhamdulillah setiap 3 bulan sekali kita dapat menyalurkan bantuan yatim ini dengan rata-rata penerima sebanyak 20 orang dengan jumlah santunan kisaran 800 ribu hingga 1 juta rupiah per orang.” ungkap Tgk Aji

Selain santunan dalam bentuk dana, Baitul Mal Gampong Tanjung Selamat juga pernah memberikan santunan dalam bentuk barang, seperti tas dan baju sekolah atau sesuai dengan kebutuhan mendesak para mustahik.

Namun yang paling penting diharapkan oleh pengurus Baitul Mal adalah agar santunan yang telah diberikan pihaknya dapat dipergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan tidak diperuntukkan untuk membeli barang-barang yang tidak mendesak seperti beli handphone.

Sementara itu Keuchik Gampong Tanjung Selamat Salamun, SH memberikan dukungan penuh kepada Pengurus Baitul Mal Gampong yang saat ini diketuai oleh Tgk Aji Adam, Wakil Ketua Tgk Murdani, Sekretaris Tgk Muhammad Qusay, dan Drs. Rusli sebagai Bendahara untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi Baitul Mal dengan baik.

Berdasarkan Surat Keputusan Keuchik Gampong Tanjung Selamat Nomor 10/SK/2019/IV/2020 tentang Pengurus BMG, lembaga ini memiliki tugas dan kewenangan untuk melakukan pendataan dan pengelolaan zakat, shadaqah, infak, harta wakaf, penyantunan anak yatim, dan harta keagamaan lainnya di tingkat gampong. (*)

Related posts