Cek Zainal Ikuti Webinar Bahas Peran Lintas Agama Cegah COVID-19

  • Whatsapp

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin mengikuti webinar Apeksi dan PUSAD Paramadina dengan Tema Memperkuat Kerukunan Solidaritas di Tengah COVID-19 bertempat di ruang Rapat Wakil Wali Kota, Senin 15 Juni 2020.

Turut mendampingi Wakil Wali Kota, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat, Faisal SSTP, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, T Samsuar dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banda Aceh.

Read More



Dalam kesempatan tersebut, Zainal Arifin sempat menjelaskan bahwa Banda Aceh meskipun ditetapkan sebagai zona kuning, tetapi Banda Aceh tidak pernah ada transmisi lokal terhadap Covid-19 ini.

“Sampai saat ini Banda Aceh Zero Covid-19 meskipun pernah ada postif tetapi dari hasil Swab terakhir semuanya negatif,” kata Zainal Arifin

Kemudian, Lanjut Zainal Arifin dalam memutuskan mata rantai Covid-19 ini, setiap warga yang baru pulang dari luar daerah harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan dilakukan rapid test.

Terkait dengan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Zainal Arifin menyampaikan seluruh tokoh dari lintas agama ikut menyosialisasikan hingga tingkat terbawah. Meskipun Banda Aceh mayoritas warganya muslim dan menerapkan syariat Islam, tetapi upaya pencegahan dilakukan secara bersama-sama dengan pemeluk agama lain, saling bahu membahu menyosialisasikan protokol kesehatan dalam mengatasi Covid-19.

“Meskipun Banda Aceh ditetapkan zona kuning, Alhamdulliah dengan partisiapasi seluruh elemen, sudah dua minggu lebih zero kasus positif Covid-19. Mudah-mudahan Indonesia bisa bebas dari Covid-19 dan bisa beraktivitas seperti biasanya,” ujar sosok yang akrab disapa Chek Zainal.

Turut menjadi pembicara dalam Webinar tersebut Menteri Agama Fachrul Razi, Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Didi Suprianto, Webinar tersebut juga diisi oleh pembicaraan lainnya, di antaranya Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Ketua FKUB Kota Kupang Rio Fanggidae dan Ketua FKUB Kota Depok Habib Muhsin Alattas.

Salain itu juga hadir dari unsur FKUB Kota Banda Aceh antara lain ketua FKUB Kota Banda Aceh, Abdul Syukur yang mewakili umat muslim, Eliaudin Gea tokoh Kristen Protestan, Robertus tokoh Kristen Katolik, Willy Putrananda perwakilan umat Budha, dan Krisna pemuka agama Hindu.

Related posts