Chek Zainal Salurkan Sembako dari PUPR untuk Warga Bantaran Krueng Daroy

  • Whatsapp

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin menyalurkan sembako untuk warga bantaran Krueng Daroy, Seutui Banda Aceh, Kamis (30/4/2020).

Bantuan tersebut merupakan sumbangsih jajaran Kementerian PUPR yang dikumpulkan dan dibelanjakan dalam bentuk sembako.

Untuk Gampong Seutui, ada 18 KK yang mendapatkan paket sembako tersebut.

Chek Zainal—Sapaan akrab Wakil Wali Kota—menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR dan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) atas bantuan tersebut. Katanya, di tengah sulitnya ekonomi warga karena pandemi Covid-19, bantuan sembako yang diberikan PUPR sangat membantu warganya yang sedang kesulitan perekonomian karena dampak dari wabah corona.

“Yang pertama, kita sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bapak Menteri PUPR dan jajaran yang telah beri perhatian untuk Banda Aceh. PUPR bukan hanya alokasikan anggaran untuk pembangunan di Banda Aceh seperti IPAL dan KOTAKU, tapi juga beri perhatian lewat kegiatan sosial seperti ini,” kata Chek Zainal.

Katanya, Banda Aceh sendiri telah menyalurkan paket bantuan untuk warga terdampak selama pandemi melanda. Ada 17.688 KK yang telah mendapatkan bantuan sembako, baik dari program pusat, propinsi maupun dari APBK.

“Meski yang rentan itu dari desil 1 sampai desil 4, tapi kita sisir sampai desil 8. Namun masih dirasakan kurang hingga 1000-an lagi. Alhamdulillah ada program dari PUPR ini, kita bisa berikan untuk warga terdampak yang sama sekali belum mendapatkan bantuan. Apalagi bantuan ini diberikan saat bulan puasa, tentunya akan sangat dirasakan manfaatnnya oleh warga,” kata Chek Zainal yang dalam kesempatan ini ikut menyampaikan salam Wali Kota Aminullah kepada warga yang tidak bisa hadir karena harus mengikuti Pembukaan Musrenbangnas 2020 yang dibuka Presiden Jokowi melalui video teleconference.

Laporan dari Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, M Yoza Habibie, bantuan sembako yang diberikan tersebut merupakan kerjasama dengan Tim Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Banda Aceh.

Untuk seluruh Banda Aceh, M Yoza menyebutkan disalurkan sebanyak 130 paket. Sementara untuk warga di Bantaran Krueng Daroy disalurkan 18 paket setelah melakukan koordinasi dengan pihak gampong (desa).

Selain Balai Balai Prasarana Permukiman, Balai-balai lain di jajaran Kementerian juga ikut berkontribusi, seperti Balai Wilayah Sungai, Balai Jalan, Balai Jasa Kontruksi, Balai pelaksana Pelelangan dan Satker Perumahan.

“Seluruh Balai ikut berkontribusi, seluruhnya kita bisa kumpulkan 810 paket sembako yang akan diberikan juga untuk daerah lain di Aceh,” kata M Yoza Habibie.

Ditanya item apa saja yang diberikan dalam paket sembako tersebut, M Yoza mengatakan pihaknya mengikuti arahan Pak Menteri PUPR, dimana bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan pokok daerah masing-masing.

“Tapi yang pasti itu ada beras 5 kg, gula 2 kg, minyak goreng 2 liter, ada sirup 2 botol, mie instan dan kecap,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Wali Kota saat penyerahan paket sembako ini, Kadis Perkim Banda Aceh Rosdi ST, Camat Baiturrahman Muhammad Rizal S STP, Kabag Humas Irwan SE MSi Ak dan Keuchik Seutui Teuku Amiruddin bersama jajaran Gampong setempat.[]

Related posts