Guru PJOK Aceh Besar Terbitkan Buku

  • Whatsapp

ACEH BESAR–Guru-guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan (PJOK) Aceh Besar berhasil menerbitkan sebuah buku ontologi yang berisi kisah-kisah yang dialami oleh mereka ada yang berbentuk fiksi maupun non fiksi.

Hal tersebut disampaikan oleh Muharil MPd, guru SDN Bayu dan Afnidar, guru SDN Sihoum, dua di antara penulis buku tersebut kepada media ini, Jumat (15/5/2020) di kantor PGRI Aceh Besar, Bada Ingin Jaya.

Muharil menyebutkan cikal bakal lahirnya buku ontologi “Menjadi Guru Merdeka”, berawal dari kegiatan workshop “Guru PJOK Aceh Besar Menulis”, yang dibuat oleh Disdikbud pada 2019 lalu yang merupakan bagian dari program kegiatan Literasi di Aceh Besar. “Aceh Besar terpilih sebagai kabupaten pelaksana literasi terbaik se-Aceh yang diumumkan pada malam peringatan Hardikda tahun 2019 lalu,” kenang Muharil.

Setelah diadakan workshop menulis tersebut, lanjut Muharil, setiap peserta diberikan tugas minimal satu orang guru menghasilkan satu tulisan sebagai syarat untuk dapat diberikan sertifikat telah selesai mengikuti pelatihan.

“Sebutnya, sampai saat telah terkumpul lebih kurang 30 karya tulis yang telah siap dibukukan. “Kita harus mengubah image guru PJOK hanya bisa di lapangan saja, melatih PBB, dan olah raga lainnya, namun juga bisa menghasilkan karya tulis. Ini menjadi motivasi bagi guru-guru yang lain,” ungkap Muharil.

Muharil juga sedang menyelesaikan dua buku lainnya, namun buku ontologi Menjadi Guru Merdeka adalah buku pertamanya. Sementara itu Afnidar juga mengungkapkan hal yang sama bahwa ini merupakan hasil karyanya yang pertama dan akan terus berusaha untuk dapat melahirkan karya-karya selanjutnya.[]

Related posts