Hoaks Hasilkan 100 M Pertahun

  • Whatsapp

Oleh : Abu Teuming*

SANTERDAILY.COM | ——Tadi pagi ada program di Transtv yang dibawa Papi Uya. Menayangkan 12 orang ditangkap polisi karena menyebar berita hoaks. Foto mereka yang ditampilkan di layar televisi terlihat muda dan cantik.

Bacaan Lainnya

Pembawa acara bersama rekannya memberi komentar; mereka ini tak ada otak? Atau apa maunya? Apa tujuannya? Apa mereka tidak ada kerjaan?

Untuk pertanyaan terakhir saya (penulis) ingin menjawab; ya pekerjaan mereka menyebarkan hoaks. Bukan tidak ada kerjaan.

Kembali lagi. Memang benar selama ini kerap viral berita penculikan anak. Pelakunya pun banyak yang dihajar warga karena kesal melihat teganya manusia itu melakukan penculikan anak. Terlebih ada hoaks tambahan yang menginformasikan bahwa organ tubuh manusia laku dijual 5 M.

Tak tanggung-tanggung. Hampir semua pengguna media sosial membagikan infomasi itu. Seakan-akan mereka ingin mengingatkan bahwa ada ancaman baru bagi orang tua. Dan mesti waspada agar anak selamat di mana pun berada.

Kita menyadari, niat teman media sosial kita itu sangat baik. Namun belum tentu yang dibagikan olehnya merupakan informasi benar terjadi dalam masyarakat.

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391

Pos terkait