Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Tokoh Sejarah Aceh, Meninggal Dunia

  • Whatsapp

BANDA ACEH–-Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Drs Tgk H.A.Rahman Kaoy telah dipanggil Allah Swt. Sabtu (23/5/2020) akhir Ramadhan 1441 H pagi sekitar pukul 07.05 WIB. Beliau meninggal dunia di Gampong Tong Peria, Mutiara Timur, Pidie.

Ulama Aceh pegiat dakwah yang berjuluk “Singa Podium” ini, sejak beberapa bulan terakhir terakhir terbaring dalam kondisi sakit, beliau juga dikenal sebagai Pakar Sejarah Aceh.

Read More

Responsive image Responsive image Responsive image

Sejak pagi tadi, kabar berantai berkait informasi meninggalkan Ayahanda A. Rahman Kaoy beredar di jejaring sosial whatsapp. Pesan serupa disebar juga oleh para kader dan keluarga besar Ikatan Siswa Kader Dakwah (Iskada) Aceh.

Almarhum dilahirkan di Geulumpang Minyeuk, Pidie, 20 Juli 1942. Pemuda Tiro ini semasa mudanya dikenal sebagai Singa Podium. Berdakwah ke seluruh pelosok Aceh mengembang risalah ajaran Islam.
Beberapa jabatan strategis diemban kala mudanya antara lain, ia pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry, Anggota MUI/MPU Aceh, Pengurus Masjid Al Makmur Lampriet, dan Wakil Ketua Majelis Adat Aceh.

Dalam biografi singkat A. Rahman Kaoy di Mata Kader yang ditulis Muhammad Syarif, aktivis Iskada Aceh disebutkan bahwa Rahman Kaoy adalah binaan Tgk Daud Bereuh, Tgk. Abdullah Ujong Rimba dan Ali Hasyimi. Tiga tokoh pergerakan Aceh itu menjadi guru kepemimpinan bagi Rahman Kaoy.

Ia menjadi sosok pemberani saat bicara tentang Aceh, kegiatan dakwahnya tidak hanya level Aceh, tetapi hingga nasional. Beberapa kali ia diundang ke Markas Besar TNI diminta nasihat da memberikan pandangan tentang Aceh.

Ayahanda juga dikenal sebagai arsitek berdirinya Iskada Aceh yang banyak melahirkan kader ulama tersohor. Sebuah pergerakan yang hingga saat ini terus melahirkan calon-calon dai berkualitas. Sejumlah da`i hebat di Aceh saat ini merupakan binaan langsung Ayahanda A. Rahman Kaoy, di Iskada Aceh.

Almarhum berjasa besar bagi pengembangan Masjid Jamik Al Makmur Lampriek, berkat jasa dan lobinya ke Pemerintah Kerajaan Oman, Masjid yang berada di Lampriek berdiri megah saat ini adalah buah dari kerja kerasnya semasa masih menetap di Gampong tersebut. [SM]

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image

Related posts