Jelang Buka Puasa, Banjir Terjang Pante Geulima Meureudu Pijay

  • Whatsapp

PIDIE JAYA–-Selasa sore,28 April 2020 masyarakat desa Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya khususnya Dusun Pante Geulima kembali dilanda banjir besar yang ikut merendam Dayah Tgk.Chik Di Pante Geulima dan juga SDIT An Nur Pidie Jaya yang berada dalam komplek Dayah tersebut.

Masyarakat yang hendak bersiap untuk berbuka puasa, tiba tiba banjir datang seiring hujan lebat yang terjadi terus menerus yang melanda Pidie Jaya sejak beberapa hari terakhir.

Read More



Keuchik Gampong Meunasah Lhok Tgk.Rahmadi Ibrahim melaporkan sejumlah warganya ikut mengungsi ke Mesjid yang berada dalam komplek Dayah Tgk.Chik Di Pante Geulima..Dusun Pante Geulima merupakan daerah yang sangat sering dilanda banjir hampir 5 kali dalam setiap tahun.

Kami mengharap Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dapat segera menormalisasi Daerah Aliran Sungai Meureudu dimana sepanjang DAS Meureudu saban tahun kerap dilanda banjir.

Kami sudah sangat sering mengalami banjir ini dan pernah kami rasakan banjir bandang besar sekitar Tahun 2010,apalagi hari ini disaat masyarakat sedang bersiap berbuka puasa, tiba tiba kami dikejutkan oleh banjir yang datang mendadak, banjir sore ini juga ikut merobohkan pagar meunasah yang juga terletak dipinggiran sungai. “Kasihanilah kami dan bantu masyarakat meunasah Lhok khususnya di dusun Pante Geulima,” begitu ungkapan Keuchik Rahmadi Ibrahim dengan penuh keharuan.

Desa Meunasah Lhok Kec.Meureudu Kab.Pidie Jaya terletak di daerah aliran sungai (DAS) Krueng Meureudu dan hampir saban tahun terjadi banjir seperti hari ini,kiranya Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya mencari jalan keluar supaya hal ini tidak terulang lagi apalagi masyarakat sudah sangat trauma dengan hadirnya banjir yang sangat sering terjadi belakangan ini.

Sementara itu, Kepala Dusun Pante Geulima Zulhilmi Jakfar yang didampingi Tgk.Fakhrurrazi Sabir melaporkan ketinggian air mencapai 70- 100 cm dan ikut merendam hampir semua rumah penduduk di dusun pante geulima.

Banjir yang melanda kediaman kami pada hari ini telah menyebabkan masyarakat mengungsi ke Mesjid yang terletak dalam komplek Dayah Tgk.Chik Di Pante Geulima ini.

Kami berencana untuk menggelar dapur umum untuk makan sahur nanti karena sampai sekarang air belum surut dan masyarakat telah mengungsi sebagian besar ke komplek dayah ini.

Tampak Raut Wajah Masyarakat terpukul dan sangat sedih atas musibah yang melanda saat bulan ramadhan ini, mereka hanya terdiam dan tidak tau harus bagaimana.

Untuk berbuka saja kami hampir tidak sempat makan karena keburu mencari tempat yang lebih tinggi,ungkap Polem Amat yang rumahnya ikut terendam. Kami berharap Pemkab Pidie Jaya membantu masyarakat Meunasah Lhok khususnya Pante Geulima yang dilanda banjir ini,apalagi masyarakat sedang tidak bisa bekerja mencari nafkah karena pandemi Covid 19 yang melanda Aceh.

Kami was-was tidak tau sampai kapan harus bertahan di tempat ini sementara rumah kami terendam banjir,ujar Tgk.Marzuki.

Sampai Berita ini diturunkan, Banjir belum surut dan masyarakat sedang mempersiapkan dapur umum dalam rangka mempersiapkan makanan sahur ditempat ini.Semoga Musibah ini cepat berlalu.[]

Related posts