Kegiatan Literasi di SDN Keude Bieng

  • Whatsapp

Oleh : Fitriana, S.Pd*
SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Hari Rabu tanggal 20 Februari 2019, SDN Keude Bieng kedatangan Tim Literasi Kabupaten Aceh Besar. Adapun maksud kedatangan Tim ini untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa-siswa SDN Keude Bieng agar dapat menghasilkan sebuah buku karya siswa sendiri.

Kegiatan pada hari ini dimulai dengan sesi foto bersama antara Tim Literasi, Kepala Sekolah, Guru dan siswa SDN Keude Bieng. Selesai foto bersama siswa masuk ke ruang KKG SDN Keude Bieng. Acara dibuka oleh Kepala Sekolah Ainul Mardhiah, S.Pd, beliau menyampaikan agar siswa dapat mengikuti acara dengan tertib dan sungguh-sungguh.

Dilanjutkan oleh Koordinator Tim Literasi Kabupaten Aceh Besar Bapak Rusydi, S.Ag, beliau menyampaikan arahan dan memberikan dorongan kepada siswa agar dapat menghasilkan karya sendiri, baik berupa puisi, cerpen dan cermin sehingga siswa dapat membuat sebuah buku yang berkualitas dan layak dibaca oleh orang lain, tidak hanya di sekolah sendiri tetapi juga dapat dibaca oleh semua orang di luar SDN Keude Bieng.

Setelah pemaparan singkat oleh Pak Rusydi, S.Ag. Tim Literasi Aceh Besar Sri Afriani, S.Pd memaparkan tentang langakah-langkah menghasilkan sebuah karya tulis bagi siswa sebagai penulis pemula. Setelah mendengar penjelasan, siswa mulai menulis cerita pendek sesuai dengan gaya bahasanya sendiri. Selesai menulis, beberapa siswa mempresentasikan hasil karyanya dengan mendapat apresiasi dari guru dan Tim Literasi.

Acara ditutup dengan menyanyikan sebuah lagu daerah “Tanoh Lon Sayang.” Siswa sangat semangat dan antusias mengikuti acara Literasi hari ini. Semoga kedepannya akan banyak kegiatan yang serupa di sekolah kami.

*Guru SDN Keude Bieng

Related posts