Kesbangpol Aceh Jaya Adakan Sosialisasi Pembinaan Ketahanan Ekonomi

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH JAYA–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Jaya mengadakan Sosialisasi Pembinaan dan Pengembangan Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya pada Selasa (3/12) bertempat di lantai 3 Aula Setdakab Aceh Jaya.

Read More



Acara sosialisasi dibuka oleh Bupati Aceh Jaya yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol, Lukmanul Hakim SH dalam sambutan tertulis menyebutkan timbulnya kemiskinan tidaklah terlepas dari rapuhnya struktur ekonomi masyarakat kita yang disebabkan oleh banyak faktor di antaranya rendahnya tingkat pendidikan, terbatasnya lapangan pekerjaan, budaya malas bekerja, beban hidup keluarga yang terlalu besar serta terbatasnya sumber daya alam maupun modal.

“Untuk mengatasi kemiskinan tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah, swasta, dan kemauan dari masyarakat itu sendiri untuk berubah menjadi lebih baik,” katanya.

Sehingga katanya sarana dan prasarana yang kita bangun selama ini ditambah oleh program-program pemerintah yang pro rakyat, diharapkan akan mampu menjadi pendorong bagi masyarakat kita untuk berusaha dengan harapan akan meningkatnya pendapatan (income) masyarakat itu sendiri sehingga ketahanan ekonomi masyarakat akan terjaga.

Panitia pelaksana, Akmalisyah SHi dalam laporannya kegiatan sosialisasi mengambil tema “Melalui Pembinaan dan Pengembangan Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Kita Tingkatkan Peran Serta Masyarakat dalam Mewujudkan Ketahanan Nasional di Kabupaten Aceh Jaya”.

Tujuan kegiatan katanya untuk membekali peserta dalam pemahaman dan kesadaran serta tekad bersatu. Sadar akan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya dalam mewujudkan ketahanan ekonomi, sosial, dan ketahanan budaya dalam menopang dan mewujudkan ketahanan nasional.

Akmalisyah melaporkan acara sosialisasi diikuti oleh 48 peserta terdiri atas anngota KADIN, HIPMI, Keuchik, Kasi Pembangunan Setcam, Tuha Peut, Ketua BUMG, Tokoh masyarakat Se-Kecamatan Krueng Sabee dan Setia Bakti, Kasi P3MD, Dekopin, dan IWAPI.

“Sementara itu untuk narasumber dari provinsi, Syahrul Maulidi SE MSi, dosen Ekonomi Universitas Muhammadiah dan Cut Eva Rafika, SIP MSi, kabid Perindustrian pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Jaya,” pungkasnya.[]



Related posts