KIP Bireuen Adakan Sosialisasi KPU Nomor 33 untuk Insan Pers

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM |BIREUEN—Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen mengadakan sosialisasi KPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang aturan kampanye pemilihan umum, pada hari selasa, 30 Oktober 2018 di kantor KIP Bireuen.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan Sosialisasi KPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang aturan kampanye pemilihan umum yang diikuti insan pers dari berbagai media liputan di Bireuen, baik media cetak maupun media elektronik dan media online adalah Irsal Ambia dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh dan Amiruddin SE dari Komisioner KIP Bireuen.

Dalam pembahasannya, Irsal mengatan bahwa, dalam ketentuan ada sejumlah kewajiban media cetak, media elektronik, media online, baik media sosial serta lembaga penyiaran, membuat pengaturan dan penjadwalan pemasangan iklan kampanye peserta pemilu yang akan dimulai dari tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April 2019, yaitu 21 hari sebelum masa tenang.

Dalam menyiarkan iklan kampanye pemilu layanan untuk masyarakat non partisan paling sedikit satu kali dalam sehari dengan durasi 60 detik dengan berpedoman pada asas adil, berimbang dan tidak memihak dan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap peserta pemilu, agar mematuhi kode etik periklanan dan ketentuan peraturan perundang-undangan, menentukan standar tarif iklan kampanye yang berlaku sama untuk setiap peserta pemilu, “tutur Irsal.

Selanjutnya kata Irsal, peserta pemilu dilarang membuat materi iklan dalam bentuk tayangan atau penulisan berbentuk berita, membiayai pembuatan desain dan materi iklan kempanye yang difasilitasi KPU dan wajib mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika periklanan.

Sementara Amiruddin membahas tentang pemberitaan dan penyiaran kampanye, dan tetap harus dipatuhi kode etik jurnalistik, kode etik tersendiri harus berpedoman pada pemberitaan media online, pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran, serta mematuhi ketentuan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Penulis : Teuku Muhammad

Related posts