Pemkab Aceh Besar Gratiskan Benih dan Olah Tanah 3.124 Hektar

  • Whatsapp
  • FOTO/ HUMAS PEMKAB ACEH BESAR, Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali memimpin rapat persiapan tron u blang (turun ke sawah) meugoe ruweung musim tanam gadu tahun 2020 di Meuligo Bupati Aceh Besar, Senin (20/4/2020).

ACEH BESAR–– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar bekerjasama dengan jajaran Kodim 0101/BS akan menggratiskan uang olah tanah/bajak tanah dan benih bagi petani pada musim tanam gadu 2020. Sedangkan luas tanam yang mendapat izin untuk diolah oleh para petani di Aceh Besar mencapai 3.124 hektare.
Ketika memimpin rapat persiapan tron u blang (turun ke sawah) meugoe ruweung musim tanam gadu tahun 2020 di Meuligo Bupati Aceh Besar, Senin (20/4/2020), Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali mengungkapkan, bantuan gratis bagi petani tersebut merupakan wujud kepedulian dan komitmen Pemkab Aceh Besar dan Kodim 0101/BS untuk membantu kaum petani di Kabupaten Aceh Besar yang mengandalkan sektor pertanian persawahan sebagai andalan perekonomian masyarakatnya. Hadir dalam rapat persiapan turun ke sawah tersebut, Dandim 0101/BS Kol Inf Hasandi Lubis, Kadis Pertanian Aceh Besar Dr Ir Azhar MSc, Kadis PUPR Aceh Besar Ir H Yusmadi MM, Kadis Pangan Aceh Besar Ir Fuadi Ahmad, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhajir SSTP MPA, para camat se-Aceh Besar, dan perwakilan PPL.
Secara khusus, Bupati Mawardi Ali menginstruksikan kepada OPD terkait, beserta jajarannya di lapangan supaya membimbing dan melakukan pendampingan yang serius kepada para petani. Hal ini dimaksudkan demi mencapai hasil maksimal dari kegiatan usahatani yang dilakukan masyarakat petani di wilayah tersebut. Saat ini, di Aceh Besar terdapat dua daerah irigasi besar, masing-masing DI Krueng Jreu dan DI Krueng Aceh. Namun, tak semua areal mendapat izin tanam kali ini, mengingat debit air di bendungan berkurang dan menurunnya kemampuan jaringan irigasi.
Sesuai rapat turun ke sawah tersebut, disepakati bahwa kegiatan gotong royong/sosialisasi dimulai 20-25 April 2020, pelepasan air pada 26 April hingga 10 Mei 2020, pengolahan tanah direncanakan pada 29 April hingga 13 Mei 2020, penyemaian benih pada 14 Mei 2020, dan penanaman secara serentak dijadwalkan berlangsung 30 Mei 2020.
Kadis Pertanian Aceh Besar Dr Ir Azhar MSc dan Kadis PUPR Aceh Besar Ir Yusmadi MM juga berharap, agar para petani dapat memanfaatkan benih dan olah tanah gratis yang diberikan Pemkab Aceh Besar bekerjasama dengan jajaran Kodim 0101/BS pada sawah seluas 3.124 hektare di musim tanam gadu ini.
Sementara itu, Dandim 0101/BS Kol Inf Hasandi Lubis mengharapkan agar musim tanam gadu ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani di Aceh Besar, sehingga bisa memperoleh hasil maksimal dan dapat menambah ekonomi keluarga di tengah-tengah kondisi musibah Covid-19 seperti sekarang. “Kami siap untuk membantu para petani di Aceh Besar agar sukses melakukan proses tanam padi di musim tanam gadu ini,” ungkapnya.

 



Related posts