Pemkab Aceh Besar Sepakati Jadwal Tanam Gadu Tahun 2020

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Para petani di Kabupaten Aceh Besar kini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tibanya musim tanam gadu tahun 2020. Untuk lancarnya pelaksanaan penanaman padi tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar telah menetapkan jadwal turun ke sawah (tron u blang), sehingga diharapkan petani dapat mengikuti jadwal yang telah disepakati dan ditetapkan tersebut.

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali kepada wartawan, Selasa (21/4/2020) menjelaskan, jadwal musim tanam gadu tahun 2020 itu disepakati setelah Pemkab Aceh Besar melaksanakan rapat bersama Dandim 0101/BS Kol Inf Hasandi Lubis, OPD terkait, PPL dan camat se-Aceh Besar di Meuligo Bupati Aceh Besar, Senin (20/4/2020).

Read More



Tahapan musim tanam gadu tahun ini, terang Ir Mawardi Ali, akan dimulai sejak 20-25 April 2020 dengan kegiatan sosialisasi dan gotong royong, disusul pelepasan air ke areal persawahan pada 26 April-10 Mei 2020, lalu pengolahan tanah pada 29 Apri hingga 13 Mei 2020. Sedangkan kegiatan penyemaian benih direncanakan 14 Mei 2020 dan dilanjutkan dengan penanaman serentak pada 30 Mei mendatang.

“Meskipun sekarang kita dalam kondisi menghadapi Covid-19, namun diharapkan melalui tanam gadu ini akan meningkatkan produksi bagi petani. Tetap ikuti protokol kesehatan dan terus berdoa agar musibah ini segera berakhir,” ungkap Bupati Aceh Besar.

Mawardi Ali menerangkan, pada musim tanam gadu tersebut, areal yang mendapat izin untuk ditanami di Aceh Besar seluas 3.124 hektare. Adapun yang mendapat izin ditanami adalah areal persawahan yang memiliki saluran irigasi teknis. Guna mendukung kesuksesan kegiatan tanam padi musim gadu ini, Pemkab Aceh Besar akan bekerjasama dengan jajaran Kodim 0101/BS, OPD terkait, PPL, mantri tani, kejruen blang, dan dukungan aktif para camat dan keuchik.

Bahkan, tambah Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, pihaknya menggratiskan benih padi dan ongkos membajak/mengolah sawah di lahan seluas 3.124 hektar yang telah mendapat izin untuk ditanami tersebut. Bantuan itu bertujuan guna membantu kelancaran petani dalam melakukan kegiatan bercocok tanam. Hal ini sekaligus sebagai kepedulian Pemkab Aceh dan jajarannya membantu petani di tengah pandemi Covid-19 yang ikut berimbas pada perekonomian para petani di Kabupaten Aceh Besar.

“Mohon dukungan dan kerjasama dari kita bersama agar musim tanam gadu tahun 2020 ini sukses dan berjalan lancar untuk bisa dirasakan hasil maksimal oleh ribuan petani di Aceh Besar,” pungkas Ir Mawardi Ali.

Related posts