Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kesejahteraan Guru Harus Dilakukan dengan Bersinerji

  • Whatsapp

BANDA ACEH—PGRI Aceh melaksanakan Webinar dengan tajuk “Pengembangan Mutu Pendidikan Aceh dan Peningkatan Kesejahteraan Guru”, pada Sabtu (13/6/2020), Host meeting room di SMAN 10 Fajar Harapan. Kegiatan dimoderatori oleh Muhibbul Khibri SPd MPd, turut dihadiri para Wakil Ketua, Sekum dan Wakil Sekum PGRI Aceh.

Panitia pelaksana, Dr Chairil Almy ST MSi, yang juga selaku Wakil ketua 1 PGRI Aceh, mengatakan peserta yang terdaftar sebanyak 300 orang, terdiri atas Dosen, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan dari 23 kabupaten kota se-Aceh.

Read More



“Sementara itu narasumber terdiri atas Plt Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kadis Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA, Bpk Rusli Yusuf dari Majelis Pendidikan Aceh (MPA), Anggota DPR RI Bidang Pendidikan, Hj Illiza Saaduddin Djamal, Rektor Unsyiah yang diwakili oleh Prof. Dr Marwan,” sebutnya.

Webinar dibuka oleh Ketua PGRI Aceh, Al Munzir, S.Pdi,MSi, dalam sambutannya mengatakan PGRI konsen pada peningkatan mutu guru, kesejahteraan guru, serta perlindungan guru.

“PGRI Aceh mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama saling bersinerji membangun pendidikan Aceh yang berkualitas dengan guru profesional dan sejahtera.

 

Sementara itu narasumber pertama Prof. DR. Marwan, Wakil Rektor 1 Universitas Syiah Kuala, mewakili Bapak Rektor menyampaikan “Strategi Peningkatan Kapasitas Guru.

Dalam paparannya, Marwan menyebutkan perlu penguatan calon guru dan guru dari aspek kognitif pada mapel saintek/Humaniora dan pembelajaran matematika sebagai dasar kemanpuan penalaran/logika.

Di samping itu perlunya peningkatan supervisi dan bimtek kepala sekolah, sehingga menghasilkan lulusan yang berdaya saing saat memasuki perguruan tinggi.

Universitas dan LPTK perlu membenahi konten pembelajaran, pemberian kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi.

Nara sumber selanjutnya, H. illiza Sa’-
aduddin Djamal, SE, komisi X DPR- RI mengangkat masalah Peningkatan Mutu Pendidikan Aceh dan Peningkatan Kesejahteraan Guru.

Illiza menyebutkan Indeks pendidikan indonesia adalah 0,625 yang terendah di Asia Tenggara, untuk itu harus menjadi perhatian kita semua.

Jumlah guru di Indonesia sekitar 3.017.296 orang dengan rasio guru yang dibanding siswa ideal 1 : 16, namun masih banyak guru adalah Non PNS.

Menurutnya komisi X harus berkolaborasi dengan komisi II dan IV untuk sama-sama memikirkan persoalan di atas secara Holistik dan semestinya perlu Road Map dan Link and Match serta fokus dalam menyelesaikan peningkatan mutu pendidikan.

Ia sepakat dengan apa yang disampaikan oleh ketua PGRI Aceh saat membuka acara yang mengajak semua pihak bersinerji dan bersama-sama melakukan upaya-upaya peningkatan mutu dan juga menungkatkan kesejahteraan guru.

Narsum DR. Rusli Yusuf, M.Pd dariMajelis Pendidikan Aceh menyampaikan rancangan strategi Mendikbud dalam pengembangan paradigma pendidikan.

Menurutnya persoalan pokok pendidikan adalah masalah mutu pendidikan, akses pendidikan yang masih terbatas, masalah Tata kelola, akuntabilitas dan citra publik. Untuk itu perlunya pendidikan Islam untuk membentuk budaya sekolah dan tahapan peningkatan mutu pendidikan mencakup karakteristik : Input-proses-Output pendidikan.

Standar mutu yang dapat diaplikasi dalam pendidikan aceh, meliputi : perencanaan-pelaksanaan-pengawasan – evalusi dan supervisi.

Sementara itu Kadis Pendidikan Aceh, Drs. Rachmat Fitri HD MPA
menyampaikan proses peningkatan mutu pendidikan harus berjalan bersama antara sekolah, rumah dan masyarakat serta pemerintah.

Bahkan menurutnya perlu kolaborasi yang bagus antara pemerintah dengan PGRI untuk peningkatan mutu Pendidikan Aceh.

“Perlu diperbanyak guru inti dan ke depan anak-anak harus diprogramkan untuk proses melanjutkan pendidikan.

Acara webinar ditutup oleh wakil sekjend PB. PGRI, bapak Dudung Alqodri, dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi dan terima kasih atas nama PB PGRI kepada PGRI Aceh, panitia webinar, narasumber dan peserta webinar.[]

Related posts