Perkembangan Literasi di SMA Negeri 1 Lhokseumawe

  • Whatsapp

Oleh  : Dra.Lina Fajri*

SANTERDAILY.COM | Artikel———–
Penempatan buku di setiap pojok baca kelas yang dikelola oleh tim duta literasi di kelas, namun hasil literasi masih kurang memuaskan karena masih banya peserta didik yang datang terlambat dan malas berliterasi baik di pustaka maupun di kelas.

Bacaan Lainnya

Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas, pada awal tahun 2018 penulis mencoba membuat penelitian tentang rendahnya minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Lhokseumawe.

Hasil yang diperoleh rendahnya minat baca disebabkan oleh kurang nyamannya tempat baca serta kurangnya ketersediaan bahan bacaan yang memenuhi selera pembaca.dari hasil penelitian penulis mencoba mencari solusi kedua hal yang berpengaruh terhadap minat baca peserta didik.

Pada bulan Juli 2018, penulis berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk mengelola sistem literasi yang bersinerji dengan semua masyarakat sekolah.

Alhamdulillah kepala sekolah menerima semua program yang penulis ajukan, yaitu literasi 20 menit dimulai dari pukul 7.15 sampai pukul 7.35, di mana 10 menit untuk baca Alquran dan 10 menit untuk membaca buku non pelajaran, dengan alat evaluasinya semua peserta didik wajib ada buku tulis literasi yang setiap hari harus diisi.

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391

Pos terkait