Plt Gubernur Bersama Forkopimda Aceh Pantau Pos Keamanan Gereja

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM  |  BANDA ACEH—Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT bersama Kapolda Aceh Rio Septianda Djambak, dan Pangdam Iskandar Muda Teguh Arief Indratmoko, beserta unsur Forkopimda lainnya, memantau kesiagaan Pos Pengamanan Gereja di Kota Banda Aceh, Selasa (24/12) malam.

Pemantauan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi kaum Kristiani dalam menjalankan ibadahnya menjelang perayaan natal, dan sekaligus membuktikan, sesungguhnya tidak ada persoalan intoleransi atau kerukunan antarumat beragama di Aceh.

Read More





Pos pengamanan Gereja Katolik Hati Kudus di Jalan Ahmad Yani, Kuta Alam, Banda Aceh, menjadi salah satu tempat yang dikunjungi Plt Gubernur Aceh dan rombongan. Di Rumah Ibadah Umat Katolik itu Tim Forkopimda Aceh disambut di halaman gereja, tepat di Pos Keamanan.

Nova mengatakan, Forkopimda Aceh ingin memastikan dan mendapatkan konfirmasi secara langsung bahwa persiapan perayaan natal di Aceh bisa berjalan dengan baik, aman, nyaman, dan lancar.

“Masyarakat Aceh toleransinya sangat tinggi dan kita senang saudara kita, umat kristiani, dapat menjalankan ibadahnya dengan lancar,” kata Nova

Nova berterimakasih kepada seluruh masyarakat Aceh beserta TNI dan Polri yang telah menjaga ketertiban, keamanan, dan kerukunan beragama. Ia memastikan, seluruh umat kristiani yang merayakan natal di Aceh akan berlangsung aman dan nyaman.

Dalam kesempatan itu, Nova meminta kepada pengurus gereja untuk segera melaporkan kepada pihak keamanan yang ditugaskan di setiap gereja bila ada gejala gangguan terhadap kenyamanan dalam prosesi ibadah dan perayaan natal.

Bahkan, secara mendadak Nova menghubungi Direktur RSUZA Banda Aceh Dr dr Azharuddin untuk membuktikan, rumah sakit pusat rujukan utama milik Pemerintah Aceh itu pun dalam posisi siaga menjelang peringatan natal dan tahun baru.

“kalau ada hoaks jangan dipercaya dan langsung dilaporkan kepada pihak pengamanan,” ujar Nova.

Sementara itu, pengurus Gereja Hati Kudus yang menyambut Forkopimda, Eliani Ginting, mengaku bersyukur dan berterima kasih atas dukungan dan penjagaan yang sangat baik dari Pemerintah Aceh dan unsur Forkopimda lainnya.

“Pengamanan ini membuat kami sangat nyaman beribadah,” kata Eliani.

Eliani mengatakan, semua umat katolik di Aceh siap mewujudkan kehidupan yang berlandaskan nilai kekeluargaan dan kerukunan di tengah masyarakat.

Selain Gereja Hati Kudus, Nova bersama Kapolda Aceh dan Pangdam Iskandar Muda juga berkeliling mengecek kesiapan pos pengamanan di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB), Gereja Methodist Banda Aceh, dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

Ikut hadir dalam rombongan, antara lain,Wakapolda Aceh Supriyanto Tarah, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Aceh Muhammad Abduh Ras dan Kepala Kanwil Kemenag Aceh serta Kepala SKPA terkait [•]

Related posts