Plt Ketua PGRI Apresiasi Guru TK/PAUD/SD/SMP Aceh Besar

  • Whatsapp

Plt. Ketua PGRI Aceh Besar, Agus Jumaidi MPd.(ist)

Aceh Besar Peringkat Kedua Se-Aceh Peserta PembaTIK Tahun 2020

Read More



ACEH BESAR—Plt Ketua PGRI Aceh Besar, Agus Jumaidi MPd memberi apresiasi kepada guru TK/PAUD/SD/SMP di Aceh besar yang telah mendaftar peserta Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK). Hal itu disampaikannya pada media ini, Rabu (22/4/2020).

Agus Jumaidi menjelaskan PembaTIK merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Katanya jumlah perserta yang mendaftar yang termasuk dalam peringkat 5 Besar Kabupaten/kota di Aceh per 20 April 2020, yakni Banda Aceh 327, Aceh Besar 320, Kota Langsa 196, Kabupaten Simeulue 195, dan Kabupaten Aceh Timur 195 (data dari Kepala LPMP Aceh).

Lanjutnya alhamdulilah Aceh Besar berada di urutan kedua. “Kami berterima kasih kepada Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD,PAUD, dan TK dalam wilayah I, II, III, IV,dan V dan juga kepala masing-masing sekolah yang telah berperan aktif untuk mendorong guru di Aceh Besar untuk mendaftar, karena di tengah pandemi covid19 semua guru beraktivitas di rumah,” ungkap Agus Jumaidi yang juga selaku Kabid Pembinaan GTK Disdikbud Aceh Besar.

Tahapan pelaksanaan program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) meliputi:
* Melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
* Mendaftar pada salah satu gelombang yang tersedia
* Mengikuti kelas bimtek daring
* Mengunduh modul dan dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri
* Ujian sertifikasi daring Level 1
* Peserta yang lulus mendapat sertifkat Level 1

Manfaat Mengikuti PembaTIK, Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini, Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional, Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar.

Kadis pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg menyampaikan agar guru yang telah mendaftar bersungguh- sungguh untuk mengikuti kelas bimtek daring dan memantau di akun masing kapan pelaksanaannya.

“Kami mendukung penuh kegiatan dimaksud dengan keterbatasan daerah dalam peningkatan mutu guru di tengah wabah covid19 kegiatan ini tentu sangat membantu Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Aceh Besar,” tutupnya.[]

Related posts