Politeknik Kutaraja Raih Peringkat 90 Nasional Kinerja Kemahasiswaan 2020

  • Whatsapp

Banda Aceh,santerdaily.com – Politeknik Kutaraja menduduki Peringkat 90 Nasional Kinerja Kemahasiswaan 2020 atau masuk 100 besar dari 262 Politeknik di bawah Kemdikbud saat ini. Sedangkan jumlah perguruan tinggi vokasi seluruhnya berjumlah 2.128. Informasi tersebut sebagaimana diterima oleh santerdaily.com, Jumat, (11/09/2020).

Sebagai Politeknik termuda di Aceh, posisi 90 peringkat kemahasiswaan tersebut merupakan sebuah prestasi maju. Meski pada tahun sebelumnya menduduki ranking 50.

Skor peringkat kemahasiswaan Politeknik Kutaraja 2020 mengalami kenaikan yang sangat signifikan dibanding tahun lalu. Walaupun peringkat turun tetapi perolehan skor bertambah.

Berdasarkan data pemerintah jumlah perguruan tinggi vokasi di Indonesia secara umum terbagi menjadi empat klaster. Komposisinya adalah Klaster 2 berjumlah 5 perguruan tinggi, Klaster 3 sebanyak 62 PT, Klaster 4 sebanyak 545 PT dan Klaster 5 sebanyak 516 PT termasuk Politeknik. (inew.id, 18/08/2019).

Kriteria yang menjadi penilaian mulai dari aspek kelembagaan/institusi hingga kegiatan kemahasiswaan yang bersifat non akademik misalnya kegiatan lomba, kompetisi, pertukaran mahasiswa, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Kegiatan yang dinilai adalah kegiatan tahun sebelumnya yang dilaporkan oleh perguruan tinggi melalui Sistim Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) yang dikelola oleh Ditjen Belmawa Kemdikbud RI.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, Pusat Karir, dan Kewirausahaan Politeknik Kutaraja Hamdani merasa sangat bersyukur atas peringkat yang diperoleh pihaknya, ini menandakan bahwa Politeknik Kutaraja juga mampu bersaing secara nasional dalam bidang kemahasiswaan meskipun banyak PTS lain di Aceh yang lebih baik dari Kutaraja.

“Namun demikian kedepan harus lebih kita tingkatkan lagi dengan beragam kegiatan dan prestasi lainnya diberbagai bidang.” pungkas Hamdani. (*)

Related posts