Politik Indonesia Merugikan “Binatang”

  • Whatsapp

Oleh: Abu Teuming*
SANTERDAILY.COM | RENUNGAN—————-Cara berpolitik segelintir masyarakat Indonesia sangat tidak beradab. Mereka berani mati-matian demi kemenangan kelompoknya, walau cara yang digunakan telah bergeser dari jalan lurus.

Tidak sungkan-sungkan mereka mencibiri dan menghina musuh politik. Bukan hanya manusia yang dizalimi akibat politik tidak sehat, bahkan binatang pun ikut merasakannya.

Bacaan Lainnya

Setidaknya ada dua binatang yang sangat dirugikan, yaitu Cebong dan Kampret. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Cebong bermakna anak kodok yang masih kecil berwujud seperti ikan dan hidup di air. Masih menurut KBBI, Kampret memiliki arti kelelawar kecil pemakan serangga.

Musim politik yang dimulai pada 2018-2019 diwarnai dengan kedua istilah tersebut. Seperti kita tahu, Kampret menjadi nama lain untuk kubu Prabowo, dan Cebong dinobatkan bagi haluan politik Jokowi.

Nama-nama binatang tersebut sengaja dimunculkan untuk membangun sinisme antar dua keseblasan. Alhasil, penduduk dunia maya kerap menggunakan Cebong dan Kampret untuk mematahkan semangat politik lawan. Atau sebagai ungkapan bahwa mereka itu memang tidak layak menjadi pemimpin. Karena kelakuannya tidak seperti manusia berakhlak yang selalu dalam tuntunan agama.

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391

Pos terkait