Wali Kota Serahkan Bantuan Rp 4,9 M kepada Fakir, Miskin dan Orang Tua Uzur

  • Whatsapp

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyerahkan secara simbolis Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) kepada masyarakat kurang mampu yang terdiri dari senif fakir, miskin konsumtif dan fakir uzur, Senin (13/4/2020) di halaman kantor Baitul Mal. Adapun jumlah bantuan yang disalurkan senilai 4,901 miliar rupiah lebih kepada 6.653 penerima.

Pada saat penyerahan itu, wali kota didampingi Ketua Baitul Mal, Asqalani dan Asisten I bidang Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat, Faisal memberikan zakat kepada sembilan penerima dari perwakilan tiap kecamatan di Banda Aceh.

Read More



Wali Kota dalam kesempatan itu juga turut membagikan bantuan tersebut dengan mengantarkan langsung ke rumah salah-seorang penerima, tidak lagi mengumpulkan massa dalam satu lokasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Pola ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease atau Covid 19.

Kepala Baitul Mal kota, Asqalani mengatakan, bantuan tersebut merupakan agenda rutin Pemko setiap tahunnya, “Zakat ini kita berikan kepada 6.653 penerima.”

Adapun rincian bantuan itu ditujukan kepada fakir konsumtif sebanyak 2.464 KK (Kepala Keluarga) dengan total Rp 800.000/KK, miskin konsumtif sebanyak 3.595/KK dengan total Rp 600.000/KK, fakir uzur 594 orang dengan total Rp 1.200.000/orang untuk tiga bulan (Rp 400 ribu/bulan). Bantuan juga di serahkan bagi santri asal Aceh (hafiz) yang ada di Thailand dan Malaysia sebanyak 13 orang dengan total masing-masing Rp 1.550.000 untuk tiga bulan.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan pemberian ZIS pertama diawal 2020 ini harus dilakukan secara door to door, mengingat situasi di tengah pandemi yang mengharuskan untuk menghindari keramaian.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah kembali menyalurkan bantuan dana zakat, infaq dan sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan. Pengantaran akan kita lakukan dengan menghampiri kerumah masing-masing penerima dan harus sudah selesai dua hari sebelum ramadan,” kata Aminullah.

Wali kota juga mengharapkan, agar setiap penerima untuk memanfaatkan dana zakat dengan sebaik mungkin.

“Saya harap apa yang diterima hari ini agar dimanfaatkan dengan baik, untuk kebutuhan pokok keluarga, utamakan untuk yang sangat dibutuhkan,” pungkas Aminullah.

Ummi Kalsum (60), salah-seorang fakir uzur asal Kecamatan Kuta Alam, berlinang air mata saat berhadapan langsung dengan wali kota pada saat penyerahan.

Sambil terisak tangis, ia menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. Ia berharap kepada wali kota agar terus memberikan kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan seperti dirinya.

“Saya sangat berterimakasih dan sangat terbantu. Uang (dana bantuan) zakat ini kami akan pakai untuk kebutuhan makan kami sehari-hari. Mudah-mudahan yang memberikan dilancarkan rezekinya di dunia dan akhirat,” ucapnya dengan tangis penuh haru.

Turut hadir dalam kegiatan itu Camat Kuta Raja, Arie Januar, Kabag Humas, Irwan, Keuchik Gampong Peulanggahan, Ferdiansyah, sejumlah SKPK dan unsur muspika.



Related posts