Wali Kota Wajibkan Masker Demi Keselamatan Warga

  • Whatsapp

Oleh : M. Sanusi Madli*

Hari ini Jum’at (08/05/2020) Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman resmi mewajibkan pemakaian masker bagi seluruh warga Kota Banda Aceh saat berada di luar rumah, peraturan tersebut tercantum dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 24 Tahun 2020.

Read More



Perwal tersebut mencantumkan sejumlah sanksi bagi warga yang melanggar, diantara nya warga kota tidak akan dilayani pada fasilitas publik milik pemerintah, sampai batas waktu Perwal tersebut dicabut, Bukan hanya itu saja KTP juga bisa disita bila warga terus melanggar tanpa mengindahkan teguran sebagai sanksi pertama sebagai pelanggar.

Apakah Perwal ini kehendak wali kota saja? Ternyata tidak, perwal yang mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh ini juga di dukung oleh kalangan dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Banda Aceh, serta sejumlah kalangan masyarakat sipil lainnya di Kota Banda Aceh.

Dukungan ini sangat lah wajar, mengingat pandemi covid 19 terus mengancam warga Kota Banda Aceh, sebagai salah satu cara mencegah agar warga Kota Banda Aceh tidak tertular dan menularkan virus corona adalah dengan menggunakan masker, selain menjaga jarak dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona yang dikhawatirkan akan terjadi ledakan kasus bila tidak segera diambil tindakan tegas, ditambah lagi dengan tingkat kesadaran dan kedisiplinan masyarakat yang masih rendah, langkah ini juga bagian dari wujud kepedulian kepada warga kota Banda Aceh.

Oleh karena itu, penulis sangat yakin warga kota Banda Aceh akan patuh terhadap perwal tersebut, demi kebaikan dan keselamatan diri dan keluarganya.

Mencegah lebih baik dari mengobati, mari kita terus patuh protokol kesehatan sebagai ikhtiar kita dalam melakukan pencegahan penyebaran covid 19.

Covid 19 ini bisa saja terjadi lonjakan, mengingat banyak nya indikasi Orang Tanpa Gejala (OTG) berada disekitar kita, dan kita sendiri pun tidak tau apakah terbebas dari corona ataupun tidak, oleh karena itu, kuatkan ikhtiar kita, dan selalu waspada. semoga Allah segera mengangkat wabah corona ini dari negeri kita.

Wallahu’alam…

Penulis adalah Sekretaris Dayah Al ‘Athiyah Banda Aceh, Operator SIDARA, Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh, Ketua Lembaga Pelayanan Pengembangan Dakwah Aceh.

Related posts