Zalfa Zahiya Rindu Teman dan Ingin Sekolah Seperti Biasanya

  • Whatsapp

SISWA REPORT—Namaku Zalfa Zahiya, lahir di Aceh Besar, sebelas tahun yang lalu, tepatnya pada 3-4-2009.

Aku siswa kelas V Al-Kahfi SDIK Nurul Qur’an Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.

Read More



Tanpa terasa sudah sebulan libur sekolah mulai 16 maret 2020 sampai 16 april 2020, karena pandemi corona atau covid 19 atas instruksi bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali sekolah libur dan juga merupakan hal yang sama di kabupaten/kota lain di Aceh.

Kondisi ini menyebabkan bingung serta rasa bosan dalam melakukan aktivitas di rumah dimana biasanya belajar di sekolah dari hari senin sampai jumat datang ke sekolah jam 07:45 pulang jam 16:30 dan bisa bercengkerama bersama teman-teman satu sekolah dan sekelas, melaksanakan piket bersama, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Setiap hari diantar orang tua, dan berpamitan dengan orang tua saat pergi dan pulang tidak lupa salam, di sekolah melaksanakan senam pagi bersama teman-teman lalu ke mushalla untuk shalat dhuha selanjutnya ke kelas untuk binter dan dilanjutkan dengan belajar.

Semua rutinitas tersebut hilang selama sebulan dan terdapat rasa rindu untuk bisa berkumpul dan belajar di sekolah kembali seperti sedia kala disaat kondisi sudah normal, memang kegiatan belajaran dirumah selalu kita laksanakan tetapi ada perbedaannya yakni interaksi sosial yang mendorong kita bisa bersama.

Kondisi sekarang kegiatan sehari-hari di rumah, membuat tugas yang diberikan guru, makan dan minum, beribadah, mandi, bermain dan berbincang bincang dengan keluarga proses belajar di rumah melalui grup WA yang diberikan oleh wali kelas setiap hari, mengerjakan dengan didampingi oleh orang tua dan setelah selesai mengerjakan mengirim kembali tugas tersebut kepada guru, hafalan Al quran divideo kan kemudian dikirim ke guru pembimbing Al Qur’an.

Belajar di rumah kurang seru dibanding belajar di sekolah banyak hambatan yang kadang muncul misalnya disaat belajar diganggu oleh adik keterbatasan kemampuan orang tua dalam memahami mata pelajaran cepat timbul rasa bosan karena belajar sendirian tanpa kawan akses internet kadang tidak lancar sehingga timbul rasa jenuh.

Saya dan semua kita berharap dan berdoa kepada Allah agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga kita dapat menjalani ibadah puasa ramadhan dengan tenang dan bisa kembali beraktivitas di luar seperti biasanya berkumpul bersama, semoga bisa kembali belajar di sekolah bersama dengan guru dan teman-teman semua.[]



Related posts